Kisah Dialog Ali bin Abi Thalib dengan Orang Atheis: Siapa yang Menentukan Tanggal Lahir?

Kisah Dialog Ali bin Abi Thalib dengan Orang Atheis: Siapa yang Menentukan Tanggal Lahir?

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 20 Juni 2022 - 04:07
share

JAKARTA, celebrities.id Perdebatan antara umat Islam dan kaum atheis tak hanya terjadi di era modern. Di awal perkembangan Islam situasi serupa juga terjadi.

Adalah sahabat Ali bin Abi Thalib yang berhasil meyakinkan seorang atheis hingga akhirnya masuk islam.

Melalui tausiahnya, Gus Baha menjelaskan dialog antara Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan orang atheis yang menanyakan terkait nasib manusia.

Sayyidina Ali pernah debat sama orang atheis. Sekarang yang menentukan tanggal lahir Anda apa Allah? Dijawab Ali, Allah yang tentukan, saya tidak ikut terlibat, kisah Gus Baha dikutip dari video TikTok @fahmymuhammad_, Senin (19/6/2022).

Kamu punya bapak, Anda yang menentukan apa Allah? Ya Allah yang pilih, aku gak ikutan. (Kalau saya) pasti pengen bapak presiden bukan yang gak jelas, kata Gus Baha lagi.

Akhirnya, orang atheis yang awalnya bertanya kepada Ali bin Abi Thalib pun mengakui Tuhan itu ada dan masuk Islam.

Kamu kan gak ikut menentukan tanggal lahir, gak ikut menentukan siapa bapakmu, kok bisa beranggapan bisa menentukan hidupmu, bagaimana?, tutur Gus Baha menirukan dialog tersebut.

Gus Baha melanjutkan, sesuai dengan penjelasan surah An Anfal ayat 42, berserah diri kepada Allah merupakan bagian dari tauhid seseorang.

Allah berfirman:

Artinya: Agar orang yang binasa itu binasa dengan bukti yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidup dengan bukti yang nyata.

Walaupun orang itu bodoh, tapi tahu ketuhanan (Allah) itu pasti pintar. Jarang salat, tapi tahu Allah pasti tauhidnya benar. Yang demikian biarpun masuk neraka bakal tetap masuk surga, tutur Gus Baha.

Topik Menarik