UEA Minta Jaminan Atas Program Nuklir, Ini Jawaban Iran

UEA Minta Jaminan Atas Program Nuklir, Ini Jawaban Iran

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 19 Juni 2022 - 10:54
share

TEHERAN Media pemerintah melaporkan Iran mengatakan kepada Uni Emirat Arab (UEA) bahwa Teheran memberikan prioritas tinggi untuk meningkatkan hubungan dengan tetangganya. Itu dikatakan sehari setelah UEA menyuarakan keprihatinan atas program nuklir Teheran .

Utusan UEA di badan pengawas nuklir PBB pada hari Jumat mengatakan berharap Iran akan bekerja dengan badan tersebut untuk memberikan jaminan kepada masyarakat internasional dan kawasan tentang program nuklir Teheran.

"Dalam panggilan telepon dengan mitranya dari UEA, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian menunjuk pada prioritas tetangga dalam kebijakan luar negeri Iran dan menyerukan lebih banyak konsultasi untuk memperluas hubungan bilateral," kata media pemerintah Iran seperti dikutip dari Al Araby , Minggu (19/6/2022).

Pada 2019, UEA - yang bersekutu dengan Amerika Serikat (AS)- mulai terlibat dengan Iran setelah bertahun-tahun hubungan keduanya penung dengan ketegangan.

Pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 telah terhenti sejak Maret dan Teheran telah membatasi kemampuan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk memantau program nuklir Iran setelah perselisihan dengan pengawas PBB.

Kesepakatan 2015 dengan kekuatan dunia memberi Iran bantuan dari sanksi sebagai imbalan atas jaminan bahwa mereka tidak dapat mengembangkan senjata nuklir - sesuatu yang selalu disangkal oleh Teheran.

Amerika Serikat secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir pada 2018 di bawah presiden saat itu Donald Trump, sebelum menjatuhkan sanksi menggigit pada republik Islam itu. Iran pada gilirannya mulai mengingkari komitmennya sendiri.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia siap untuk kembali merangkul kesepakatan itu selama Iran juga menghormati janjinya sendiri di bawahnya.

(ian)

Topik Menarik