Kapolda Riau Dianugerahi Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri

Kapolda Riau Dianugerahi Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 18 Juni 2022 - 00:29
share

JAKARTA - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dianugerahi gelar kehormatan adat oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai. Irjen M Iqbal diberikan gelar kehormatan adat sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri.

Gelar ini diberikan karena Iqbal dinilai telah berjasa bagi adat dan masyarakat Melayu, khususnya di Kota Dumai. Prosesi penabalan gelar adat ini digelar di Kantor LAMR Kota Dumai, pagi tadi. Iqbal mengaku sangat terhormat atas gelar tersebut.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan (gelar kehormatan adat) ini. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi saya sekeluarga. Baik saya secara pribadi, keluarga, dan selaku Kapolda," ujar Iqbal melalui keterangan resminya, Jumat (17/6/2022).

Iqbal mengungkapkan, Kota Dumai tak ubahnya sebagai kampung halamannya. Sebab, diakui Iqbal, dirinya pernah bertugas di Kota Dumai pada tahun 2003. Saat itu, Iqbal menjabat sebagai Wakapolres Dumai.

Mantan Kapolda NTB tersebut menekankan, gelar adat yang diterimanya merupakan sebuah amanah. Iqbal berjanji bakal berkomitmen untuk menjaga amanah sebagai \'Datuk Wira Lela Setia Negeri\'.

"Saya harus menjaga itu, menjaga gelar, menjaga kearifan lokal adat istiadat, dan juga menjaga semangat agar saya melakukan tugas-tugas kepolisian, memelihara keamanan, memelihara ketertiban masyarakat, sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat," kata Iqbal.

Topik Menarik