Tingkatan Pahala Sholat Jumat dan Dalilnya

Tingkatan Pahala Sholat Jumat dan Dalilnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 17 Juni 2022 - 06:33
share

JAKARTA, iNews.id - Sholat Jumat merupakan kewajiban bagi tiap Muslim khususnya laki-laki. Ada beberapa tingkatan pahala sholat Jumat yang disebutkan dalam hadits.

Salah satu keutamaan hari Jumat adalah disyariatkannya sholat Jumat atau yang lazim disebut dengan Jumatan. Allah SWT telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk berkumpul guna mengerjakan ibadah kepada-Nya di hari Jumat.

Maka Allah SWT berfirman:

{ (9) (10)}

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Ibnu Katsir menerangkan bahwa sesungguhnya hari Jumat dinamakan Jumu\'ah karena berakar dari kata al-jam\'u, mengingat kaum muslim melakukan perkumpulan untuk setiap tujuh harinya sebanyak sekali di dalam masjid-masjid yang besar.

Tingkatan Pahala Sholat Jumat dan Dalilnya

Sholat Jumat yang disyariatkan oleh agama memiliki banyak keutamaan bagi yang mengerjakannya. Ada lima tingkatan pahala sholat Jumat sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

Artinya: Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju Masjid, maka dia seolah berkurban seekor unta. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) kedua maka dia seolah berkurban seekor sapi. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) ketiga maka dia seolah berkurban seekor kambing yang bertanduk. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) keempat maka dia seolah berkurban seekor ayam. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) kelima maka dia seolah berkurban sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khutbah), maka para Malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut). (HR. Bukhari) [ No. 881 Fathul Bari] Shahih.

Dari hadits di atas disebutkan bahwa ada 5 tingkatan pahala sholat Jumat, berikut rinciannya:

1. Tingkatan pahala bagi orang yang datang ke masjid lebih awal untuk sholat Jumat maka seolah berkurban seekor unta.

2. Bagi orang yang datang pada kesempatan kedua seolah berkurban sapi.

3. Tingkatan pahala seperti berkurban kambing bagi orang yang datang ke masjid pada kesempatan ketiga.

4. Mendapat pahala seperti berkurban ayam bagi kelompk yang datang pada kesempatan keempat.

5. Tingkatan pahala kelima yakni, layaknya berkurban sebutir telur jika sholat Jumat pada kesempatan terakhir atau saat imam sudah berkhutbah.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa datang lebih awal ke masjid untuk menunaikan sholat Jumat jelas lebih utama karena pahalanya setara berkurban unta. Karena itu, Muslim dianjurkan untuk bersegera mendatangi masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat tanpa menunda-nunda hingga menunggu imam sudah naik mimbar untuk khutbah.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik