Pemimpin Prancis, Jerman dan Italia Nekat ke Kiev meski Ukraina Terus Digempur Rusia

Pemimpin Prancis, Jerman dan Italia Nekat ke Kiev meski Ukraina Terus Digempur Rusia

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 14:13
share

PARIS, iNews.id - Tiga pemimpin negara Eropa yakni Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi tiba di Kiev, Ukraina, Kamis (16/6/2022). Mereka akan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky membahas krisis.

Kunjungan ketiga pemimpin itu berlangsung saat pertempuran Rusia dengan Ukraina di timur semakin sengit. Pasukan Rusia terus menggempur Sievieradonetsk untuk merebut sepenuhnya kota yang berada di provinsi Luhansk tersebut. Sementara pertempuran di wilayah lain juga tak kalah sengit.

Kantor presiden Prancis menyatakan kunjungan ketiga pemimpin sudah dipersiapkan sejak beberapa pekan lalu. Kunjungan ini punya arti penting untuk menegaskan dukungan negara-negara tersebut terhadap Ukraina. Prancis, Jerman, dan Italia dikritik terkait pendekatan mereka yang dinilai lebih halus terhadap Rusia.

Ukraina mengkritik Prancis, Jerman, dan Italia karena dianggap seperti terpaksa memberikan dukungan terhadap negaranya. Mereka dianggap lamban memberikan bantuan senjata serta terkesan lebih mengutamakan kepentingan masing-masing atau mencari aman di atas masalah keamanan Ukraina.

Macron dan Scholz juga pernah dikecam karena tetap menjalin komunikasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di saat Ukraina terus membombardir Ukraina. Macron menang dikenal punya hubungan dekat dengan Putin dibandingkan pemimpin Uni Eropa lainnya. Dia sempat mengatakan mustahil untuk menciptakan perdamaian di Eropa tanpa mengajak Rusia berunding.

Topik Menarik