Dipanggil Jokowi ke Istana, Ini Jawaban Mendag

Dipanggil Jokowi ke Istana, Ini Jawaban Mendag

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 14 Juni 2022 - 21:45
share

IDXChannel - Sejumlah tokoh dan menteri hari ini di panggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Presiden, salah satunya Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Santer diisukan, pemanggilan ini terkait reshuffle kabinet.

"Enggak ada, enggak ada," kata Mendag Lutfi ketika ditanya isi pembicaraan dengan Presiden Jokowi pada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun selain Lutfi, Presiden Jokowi juga memanggil beberapa nama diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, dan Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra. Mereka menghadap ditengah isu reshuffle yang akan dilakukan pada esok Rabu (15/6/2022).

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjawab kabar terkait adanya isu perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. Menurutnya, Presiden Jokowi sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah presiden. mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden," ujar Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pramono menekankan bahwa Presiden Jokowi lebih mengetahui siapa-siapa yang akan dirombak pada kabinet Indonesia Maju. Dan sosok siapa saja yang dirasa dibutuhkan untuk menemani Presiden Jokowi dua tahun dari sisa masa jabatannya.

"Yang jelas presiden kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini, dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini," kata Pramono. ( RRD )

Topik Menarik