Dishub DKI Jakarta Evaluasi Ganjil-Genap Sepekan, Volume Kendaraan Masih Tinggi

Dishub DKI Jakarta Evaluasi Ganjil-Genap Sepekan, Volume Kendaraan Masih Tinggi

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 14 Juni 2022 - 16:05
share

IDXChannel Dinas Perhubungan DKI Jakarta akhirnya mengevaluasi penerapan ganji-genap (gage) selama sepekan terakhir. Dari hasil evaluasi, jumlah volume kendaraan masih tinggi.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan hasil evaluasi ganjil-genap telah dilakukan sejak 6 Juni 2022. Hasilnya diketahui terjadi peningkatan kinerja lalu lintas.

"Kinerja lalu lintas meningkat, baik itu ditinjau dari volume kendaraan, kami melakukan pemantauan secara keseluruhan di 18 titik," kata Syafrin, Selasa (14/6/2022).

Namun Syafrin tidak memerinci terkait jumlah kendaraan dalam peningkatan lalu lintas tersebut.Di sisi lain, dia juga menyebut kecepatan rata-rata kendaraan ikut naik terutama di jam sibuk.

"Sekarang rata-rata kecepatan untuk jam sibuk pagi digabungkan lalu lintas harian rata-rata, itu di atas 30km/jam. Artinya ada peningkatan dan terus kami lakukan evaluasi, " katanya.

Sebelumnya, Syafrin menekankan penerapan gage bertujuan untuk membatasi mobilitas kendaraan di jalanan. Selain itu, Pemprov DKI juga mendorong agar masyarakat memanfaatkan kebijakan ini dengan menggunakan transportasi umum.

"Kami imbau masyarakat setelah adanya Gage silakan beralih ke layanan angkutan umum yang layanannya sekarang prima. Seperti saat ini yang kita naikin kan nyaman banget ya. Layanannya prima. Itu yang didorong oleh Pemprov sehingga mobilitas masyarakat menjadi efisien," ujar Syafrin. (FRI)

Topik Menarik