7 Pengikut Dajjal, Nomor 4 Didominasi Kaum Wanita

7 Pengikut Dajjal, Nomor 4 Didominasi Kaum Wanita

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 14 Juni 2022 - 13:05
share

Dajjal menjadifitnahterbesar dalam sejarah kehidupan manusia yang kemunculannya menjadi pertanda akhir zaman , serta akan ada beberapa kelompok pengikutnya. Dalam Islam, Dajjal digambarkan dalam hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sebagai seorang pendusta yang sebelah matanya buta dan tertulis di keningnya huruf kaf, fa dan ra (( ).

Dari Anas bin Malikradhiyallahu anhu, NabiShallallahu alaihi wa sallambersabda:

[arabOpen] [arabClose]

Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis: Kafir (HR. Bukhari).

Dijelaskan pula bahwa menjelangakhir zamanini, kemunculan Dajjal ini akan diikuti dengan beberapa kelompok pengikutnya. Lalu, siapa saja yang termasuk pengikut Dajjal? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 pengikut Dajjal di akhir zaman ini, yakni:

1. Orang-orang Yahudi

Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wassalam yang diriwayatkan Anas bin Malik, bahwa kelak Dajjal akan diikuti oleh 70 ribu orang yahudi dari isfahan (sekarang masuk wilayah Iran_red) memakai baju tebal berjahit.

2. Kelompok-kelompok Menyempal dan Khawarij

Menurut riwayat Ibnu Majah, Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wa sallam bersabda, bahwa akan tumbuh pemuda yang fasih baca Al Qur\'annya tapi hanya sampai di kerongkongan. Setiap kali kelompok dri mereka muncul, maka pantas dihancurkan. Kemunculannya lebih dari dua puluh ribu kali hingga sampai kedatangan Dajjal.

3. Pelaku Bid\'ah dan Kesesatan

Hudzaifah radhiyallahu\'anhu pernah mendengar sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wa sallam, bahwa setiap umat ada majusinya atau orang-orang yang tidak percaya takdir. Kalau berjumpa dengan orang yang semacam ini, maka Nabi Muhammad Shallallahu alahi wa sallam melarang untuk menghadiri jenazahnya dan membesuknya di kala sakit karena mereka adalah pengikut Dajjal.

4. Kaum Wanita

Berdasarkan riwayat Ahmad, kebanyakan yang terpengaruh dengan fitnah Dajjal adalah kaum wanita. Ibnu Umarradhiyallahu\'anhu, ia berkata: RasulullahShallallahu \'alaihi wa sallambersabda:

"Dajjal akan turun di lembah air Murqonah\' ini, maka orang yang datang kepadanya kebanyakan kaum wanita, sehingga seseorang akan pergi menemui sahabat karibnya, ibunya, anak perempuanya, saudara perempuannya, dan kepada bibinya untuk meneguhkan hatinya karena kuatir mereka akan pergi menemui Dajjal." [HR Ahmad)

Hadis ini sama sekali bukan bermaksud merendahkan wanita. Dalam buku al-Mausah f al-Fitan wa al-Malhim wa Asyrti as-Sah, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh menjelaskan, banyak di kalangan perempuan yang mengikuti Dajjal karena gampang tergoda dengansyahwat dunia,dan tidak begitu mengedepankan akalnya sebagaimana laki-laki.

5. Setan

Dalam hadis riwayat Amru bin Ash radhiallahu anhu, disebutkan sabda Rasulullah Shallallahu alahi wa sallam, bahwa di laut ada setan-setan yang dipenjara oleh Nabi Sulaiman yang kelak akan keluar membacakan sesuatu kepada umat manusia (HR. Muslim).

Kemungkinan keluarnya setan-setan ini adalah menjelang atau saat Dajjal muncul. Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa kelak setan-setan akan berjalan di bagian depan Dajjal yang menyerukan fitnahnya di berbagai negara dan kota yang dmasuki Dajjal.

6. Tukang Sihir

Berdasarkan penelitian Dr. Mubayyadh, di sebagian riwayat, ada yang menunjukkan bahwa tukang sihir (dukun dan sejenisnya_red) kelak menjadi pengikut Dajjal. Mereka berjalan di depan Dajjal dengan kebohongan dan dusta yang dibuat untuk menyebarkan fitnah Dajjal.

7. Pengikut Hawa Nafsu

Pengikut Dajjal yang lain adalah mereka yang tahu bahwa Dajjal itu dusta, namun mereka tak kuat bersabar menahan fitnahnya. Abu Nu\'aim meriwayatkan dari Ubaid bin Umar al-Laitsi, bahwa ketika Dajjal keluar, salah satu yang mengikutinya adalah orang-orang uang mengetahui Dajjal adalah kafir tapi mereka tetap ikut karena ingin memakan makanannya serta kebutuhan lainnya. Ketika murka Allah turun, maka mereka juga terkena imbasnya.

Topik Menarik