Humor Gus Dur: Ketika Santri Minta Rokok Kiai

Humor Gus Dur: Ketika Santri Minta Rokok Kiai

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 14 Juni 2022 - 05:27
share

JAKARTA - Di sebagian besar pesantren, santri dilarang keras merokok. Tak terkecuali di Pesantren Tambak Beras yang diasuh oleh Kiai Fattah, tempat Gus Dur pernah nyantri.

Namun, seperti kenakalan remaja pada umumnya, tak perduli santri atau bukan, semakin dilarang semakin tertantang untuk melanggar.

Suatu hari, Gus Dur berkisah tentang seorang santri Tambak Beras yang berani mengambil rokok Kiai Fattah. Suatu malam, kata Gus Dur, listrik di Pesantren Tambak Beras padam. Tak terlihat satu pun cahaya di sana.

Santri ada yang tidak peduli, ada juga yang memilih tidur saja. Namun ada juga santri yang terlihat jalan-jalan mencari udara segar karena belum mengantuk.

Lalu di luar sebuah rumah, terlihat seseorang sedang duduk-duduk santai sambil merokok. Seorang santri yang kebetulan melintas di dekatnya terkejut melihat ada nyala rokok di tengah kegelapan malam itu.

Nyedot, Kang? tanya si santri berbasa-basi sembari menghampiri seniornya yang sedang asyik merokok itu. Langsung saja sosok yang ada di kegelapan itu memberikan rokok yang sedang dihisapnya kepada sang yunior.

Topik Menarik