9 Tips Jaga Organ Pencernaan Tetap Sehat dari Ahli, Nomor 6 Paling Sering Lupa!

9 Tips Jaga Organ Pencernaan Tetap Sehat dari Ahli, Nomor 6 Paling Sering Lupa!

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 13 Juni 2022 - 21:11
share

SISTEM pencernaan yang sehat akan menentukan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Bahkan, ada anggapan usus yang merupakan bagian dari organ pencernaan adalah otak kedua dari tubuh manusia.

Usus sehat menandakan kesejahteraan tubuh yang optimal. Nah, agar organ pencernaan terjaga dengan baik, Anda harus memerhatikan kebiasaan makan dan rutinitas harian.

Ya, aktivitas dan apa yang Anda konsumsi memengaruhi organ pencernaan. Lantas, bagaimana cara menjaga organ pencernaan yang benar menurut ahli? Dilansir MNC Portal dari laman Everyday Health, berikut ulasan selengkapnya:

1. Rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi

Makan Sayur

Menurut Maria Adams, ahli gizi di Endicott College di Beverly, Massachusetts, mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, biji dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kualitas organ pencernaan Anda.

"Konsumsi makanan tinggi serat membantu makanan terus diolah oleh tubuh, sehingga sembelit minim terjadi. Pola makanan ini juga mencegah Anda mengalami divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar (IBS)," kata Adams.

2. Batasi makanan tinggi lemak

Makanan tinggi serat direkomendasikan, sedangkan makanan tinggi lemak upayakan jangan banyak dikonsumsi, atau bahkan dihindari. Makanan jenis ini memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda rentan sembelit.

3. Pilih daging tanpa lemak

Sekalipun mau makan daging, usahakan konsumsi daging tanpa lemak. Contoh yang bisa dimakan daging ayam tanpa kulit. Ingat, batasi asupan daging merah dan cukupi kebutuhan asupan daging dengan konsumsi daging putih.

4. Tambahkan buah dan sayur ke menu harian, yogurt jika perlu

Yogurt merupakan contoh sederhana dari probiotik, sedangkan buah dan sayur adalah prebiotik. Jenis panganan tersebut penting untuk merawat organ pencernaan yang benar.

5. Makan sesuai jadwalnya

Tentukan jam makan Anda dan disiplinlah dengan waktu tersebut. Makan sesuai jadwal memastikan sistem pencernaan bekerja dengan baik dan dalam kondisi prima. Disarankan Adams untuk makan duduk, tidak berdiri.

Topik Menarik