Kiat Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

Kiat Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Senin, 13 Juni 2022 - 00:00
share

Pertanyaan:
Bu Rossa, akhir-akhir ini saya makin sering membuat kesalahan saat bekerja. Mulai dari salah ketik, salah rumus, dan juga lupa memasukkan hal-hal penting dalam laporan. Ketika mendapat perintah dari atasan, saya seperti antara mendengar dan tidak mendengar. Baru saja diperintah, saya sudah lupa apa saja yang harus dikerjakan.
Dulu saya tidak pernah seperti ini, tapi sejak beban kerja bertambah banyak, saya sering merasa kelelahan, jenuh dan sulit konsentrasi. Mohon kiatnya Bu agar saya bisa kembali fokus saat bekerja.

Jawaban:
Fokus atau konsentrasi adalah suatu kemampuan untuk memusatkan seluruh perhatian dan juga pikiran kepada suatu objek ataupun suatu kegiatan dengan jangka waktu tertentu. Konsentrasi merupakan hal yang sangat perlu dimiliki oleh setiap orang demi menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan juga tepat.
Jika seseorang memiliki konsentrasi yang tinggi di dalam pekerjaannya, maka hal ini dapat menjadi modal utama bagi seseorang untuk dapat memudahkan dan juga mempercepat penyelesaian pekerjaan.
Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang memiliki masalah sehingga membuat mereka sering mengalami kesulitan konsentrasi atau sulit untuk memfokuskan dirinya dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, akan dibahas berikut ini.

Penyebab Umum
Berikut ini adalah beberapa di antara penyebab seseorang kesulitan dalam berkonsentrasi ketika bekerja:
Overload atau terlalu banyak pekerjaan yang menyita waktu sehingga menyebabkan kelelahan,
Suasana yang tidak kondusif karena adanya banyak distraksi di dalam lingkungan kerja,
Kurangnya pola tidur yang sehat dan berkualitas,
Tidak adanya minat atau ketertarikan pada hal yang dikerjakan,
Adanya tekanan eksternal atau lingkungan sekitar yang mengganggu pikiran,
Kurang adanya motivasi dari dalam diri sendiri ketika menentukan target hasil,
Pola makan yang tidak sehat sehingga metabolisme tubuh pun terhambat dan menyebabkan kinerja otak yang kurang optimal.
Itulah, beberapa hal yang bisa membuat seseorang kekurangan ataupun kehilangan konsentrasi ketika bekerja.

Tips Meningkatkan Konsentrasi
Bagi Anda yang memiliki masalah dalam berkonsentrasi, simak ulasan berikut ini yang akan menjelaskan berbagai cara meningkatkan konsentrasi:

Pastikan Istirahat yang Cukup
Untuk menjaga kemampuan Anda dalam berkonsentrasi atau fokus terhadap suatu hal, istirahat yang cukup memiliki peranan yang besar dalam hal ini. Apabila Anda mendapatkan istirahat yang cukup, maka tubuh Anda akan bugar dan stres akan berkurang. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk tidur paling tidak 7 sampai 9 jam setiap harinya.

Pastikan Asupan Nutrisi Cukup
Agar seseorang dapat berkonsentrasi secara maksimal, tentunya otak didorong untuk bekerja lebih keras. Oleh karena itu, otak memerlukan banyak asupan nutrisi dari berbagai makanan bergizi agar fungsi otak lebih terjaga.
Untuk memberi nutrisi yang baik pada otak agar Anda lebih mudah untuk berkonsentrasi, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

Rutin Berolahraga
Dapat dipastikan bahwa semakin rutin Anda olahraga, maka semakin bugar pula tubuh Anda. Namun, tidak hanya tubuh saja yang sehat, otak dan daya ingat pun juga dapat lebih mudah untuk dikelola apabila Anda melakukan aktivitas ini secara rajin.
Dengan olahraga, sirkulasi darah di dalam tubuh pastinya akan lebih lancar sehingga suplai darah ke otak pun juga tidak terganggu. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan olahraga yang rutin meskipun ringan dengan waktu kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Sering Bersosialisasi
Semakin sering Anda bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan kerabat atau orang-orang terdekat, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. Tidak hanya itu saja, seringnya Anda berkumpul dengan orang-orang tersebut, maka Anda juga akan terhindar dari stres yang biasanya menjadi faktor utama seseorang sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, mulailah untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda untuk membantu meningkatkan daya konsentrasi Anda.

Senam Otak
Tidak hanya nutrisi dan kesehatan tubuh saja, otak juga perlu dilatih kemampuannya agar dapat selalu bekerja secara maksimal. Anda dapat melakukan senam otak yang dapat melatih kemampuan otak Anda dengan bermain puzzle, teka-teki silang, membaca, main alat musik hingga bermain catur.
Kegiatan ini tidak boleh dianggap remeh karena sudah terbukti dapat membantu Anda dalam hal berkonsentrasi.

Luangkan Waktu Bersantai
Tidak dapat dipungkiri bahwa fokus memang dapat dengan mudah buyar apabila Anda sudah terlalu lama bekerja tanpa henti. Hal ini merujuk kepada kelelahan pada otak Anda yang harus terus-menerus bekerja sehingga Anda pun lama-lama akan kehilangan fokus.
Karena hal inilah, Anda disarankan untuk beristirahat sesekali di tengah pekerjaan agar otak pun tidak terlalu lelah dan dapat dengan mudah digunakan kembali untuk bekerja setelah membutuhkan istirahat sejenak.

Kurangi Stres dengan Mencari Hiburan Sejenak
Otak tidak dapat digunakan terus-terusan tanpa henti karena apabila otak lelah, maka Anda akan kehilangan fokus dan konsentrasi pun akan mudah buyar. Karena hal ini, Anda disarankan untuk istirahat dan gunakanlah waktu istirahat Anda dengan mencari hal-hal yang bisa membuat Anda senang, contohnya membuka media sosial atau membaca hal-hal yang Anda suka untuk hiburan sejenak.

Hindari "Multitasking"
Terkadang, banyak orang yang rela mengerjakan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan demi mendapatkan efisiensi. Padahal, hal ini sangat berpengaruh kepada daya konsentrasi yang dimiliki.
Otak tentunya akan sulit untuk menyelesaikan berbagai hal yang berbeda di saat yang bersamaan karena fokus terpecah ke beberapa hal. Karena itu, Anda lebih disarankan untuk tidak melakukan banyak hal secara bersamaan (multitasking) dan usahakan untuk menyelesaikan satu hal terlebih dulu sebelum berpindah ke aktivitas lainnya.

Konsumsi Vitamin
Tidak hanya makanan dan kegiatan tertentu saja yang dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, Anda pun juga dapat mengonsumsi vitamin khusus yang memang diperuntukkan bagi kesehatan otak. Jenis vitamin-vitamin yang dapat Anda konsumsi untuk kesehatan otak adalah vitamin B1, B12, B6, vitamin E dan juga vitamin C.

Topik Menarik