Inilah 5 Contoh Latihan Daya Tahan Tubuh

Inilah 5 Contoh Latihan Daya Tahan Tubuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 11 Juni 2022 - 02:25
share

JAKARTA-Contoh latihan daya tahan tubuh di masa perubahan cuaca kini menjadi topik hangat. Setiap hari selalu bergantian panas dan hujan deras turun yang mengakibatkan banyak masyarakat yang terserang penyakit akibat daya tahan tubuh lemah.

Dalam menjaga kesehatan tubuh tak jarang masyarakat akan melakukan dengan beraktivitas olahraga. Walaupun tubuh sedang dalam kondisi tidak fit namun olahraga sifatnya wajib.

Olahraga yang bisa dilakukan saat masa pandemi ini adalah dengan latihan daya tahan tubuh. Manfaat yang bisa didapatkan, yakni tubuh dan imun menjadi lebih sulit ditembus oleh virus dan penyakit.

Jenis latihan ini bisa dilakukan di luar maupun dalam ruangan. Penasaran apa saja contoh latihan daya tahan tubuh? Simak ulasan berikut ini.

Contoh Latihan Daya Tahan Tubuh

1. Bersepeda

Beberapa sumber medis menyebutkan jika olahraga satu ini dapat menangkal tubuh kita dari virus dan penyakit. Memang bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain bagus untuk melatih otot kaki, ternyata bersepeda juga dapat melatih kekuatan stamina dan kekuatan jantung. Bagi pemula, sebaiknya pilih rute dengan jarak pendek dan tingkatkan jarak secara perlahan di keesokan harinya.

2. Joging

Joging atau berlari dengan kecepatan pelan ternyata juga dapat menjadi salah satu Contoh latihan daya tahan tubuh. Salah satu olahraga aerobik ini dapat melatih kekuatan otot kaki, pernafasan dan jantung.

Untuk memulainya kamu bisa melakukan jogging dengan durasi maksimal 20 sampai 30 menit.

3. Berenang

Selain olahraga di darat ternyata berenang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin melatih daya tahan tubuh melalui olahraga air. Untuk membentuk stamina yang kuat dalam berenang kamu bisa melatih tubuhmu dengan berenang minimal berdurasi 10-15 menit.

Adapun manfaat yang didapatkan dari berenang adalah menguatkan otot-otot tubuh dan meningkatkan stamina.

4. Olahraga Menggunakan Bola

Selain 3 olahraga di atas yang dapat dilakukan dengan seorang diri, namun olahraga menggunakan bola ini harus dimainkan oleh banyak orang. Olahraga menggunakan bola ini banyak sekali pilihannya antara lain sepakbola, bola basket, tenis dan lain-lain.

Tak hanya memerlukan kekuatan fisik, olahraga menggunakan bola ini juga memerlukan kerjasama tim yang baik.

5. Yoga

Olahraga yoga pada umumnya mengutamakan keseimbangan tubuh dalam setiap gerakan-gerakannya. Namun, ada beberapa gerakan yang mengharuskan kamu untuk bergerak secara dinamis.

Secara tidak langsung gerakan dinamis yoga tersebut dapat melatih daya tahan tubuh.

Demikian informasi mengenai contoh latihan daya tahan tubuh, akan menyediakan informasi ini jadi dapat menentukan olahraga yang tepat untuk melatih dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Topik Menarik