Atap Sekolah Ambruk, Puluhan Siswa Ujian di Teras Sekolah

Atap Sekolah Ambruk, Puluhan Siswa Ujian di Teras Sekolah

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 9 Juni 2022 - 15:29
share

SELONG, iNews.id - Puluhan siswa SDN 1 Dames Damai terpaksa mengikuti ujian semester di teras sekolah, Kamis (9/06/2022). Atap sekolah mereka ambruk sehingga membahayakan murid.

Sekolah mereka memang usianya cukup tua. Kondisinya semakin hancur setelah diguncang gempa tahun 2018 silam.

Puing-puing atap bangunan, genteng dan kayu berserakan di dalam kelas. Temboknya retak, pintu dan jendela sduah rapuh termakan usia. Hampir, Enam ruang kelas di SD ini kondisinya sama. Bangunan sekolah ini nyaris roboh.

Tak hanya ruang kelas, kondisi serupa juga di ruang guru dan rumah dinas guru. Jauh dari kata layak.

Khawatir roboh saat kita belajar, kata Aulia Safitri, siswi kelas 6 SDN 1 Dames Damai ditemui usai mengikuti ujian semester akhir.

Aulia berharap sekolahnya bisa segera diperbaiki sehingga bisa belajar dengan tenang dan nyaman. Setiap hari, dia bersama rekan
belajar di teras sekolah maupun tenda darurat.

Kepala SDN 1 Dames Damai M. Supardin mengakui siswanya sebelumnya belajar di tenda darurat yang dibangun di halaman sekolah. Tapi belakangan proses belajar mengajar dipindah ke teras sekolah.

Total tujuh sudah rusak. Dari tahun 2020 bangunannya sudah mulai roboh, ujar Supardin.

Atap
Atap Sekolah Ambruk, Puluhan Siswa Ujian di Teras Sekolah (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

Kondisi sekolah seperti ini, lanjutnya berdampak terhadap jumlah peserta didik baru. Bahkan tahun ajaran 2022 ini, kelas satunya kosong. Para orang tua khawatir menyekolahkan anaknya disini. Sekarang, jumlah siswanya hanya 50 orang.

Diakui, sekolahnya sudah beberapa kali dikunjungi petugas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur tapi bantuan renovasi tak kunjung terealisasi.

Ya mungkin karena Covid-19 ya, jadi semua tertunda, katanya.

Atap
Atap Sekolah Ambruk, Puluhan Siswa Ujian di Teras Sekolah (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

Terakhir, usulan renovasi diajukan kembali beberapa waktu lalu dan harapannya tahun ini sekolahnya bisa segera diperbaiki sehingga siswa aman mengikuti proses belajar.

Harapannya pemda bisa segera perbaiki. Insya Allah infonya tahun ini mulai direnovasi. Kemarin sudah difoto kondisinya, ucapnya.

Topik Menarik