Loading...
Loading…
Menlu Serbia Konfirmasi Segera Kunjungi Moskow

Menlu Serbia Konfirmasi Segera Kunjungi Moskow

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Kamis, 09 Juni 2022 - 09:10

BEOGRAD, iNews.id - Menteri Luar Negeri Serbia, Nikola Selakovic mengonfirmasi untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov di Moskow.

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Serbia, Aleksandar Bocan-Harcenko mengatakan, Beograd secara resmi menerima undangan tersebut. Presiden Presiden Vladimir Putin telah memberikan instruksi untuk pengaturan kunjungan tersebut.

Menlu Selakovic mengonfirmasi kunjungannya ke Moskow dalam sebuah wawancara dengan jaringan TV Pink Serbia. Kunjungan ini penting karena rencana kunjungan Lavrov ke Beograd, yang akan berlangsung pada Senin dan Selasa ditunda. Montenegro, Makedonia Utara, dan Bulgaria menutup wilayah udara mereka untuk penerbangan Lavrov.

Perjalanan Lavrov ke Serbia akan menjadi yang pertama yang dilakukan pejabat tinggi Rusia sejak awal perang Ukraina. Kunjungan dilatarbelakangi upaya berkelanjutan UE dalam menghukum Moskow dengan sanksi dan tindakan lain atas invasi ke Ukraina.

Anda akan melihat bahwa tidak ada seorang pun di komunitas internasional yang akan berbicara tentang apa yang terjadi dengan larangan terbang itu, kata Menlu Selakovic.

Serbia hampir seluruhnya bergantung pada gas dan minyak Rusia. Negara ini berada di bawah tekanan yang semakin besar agar mempertahankan netralitas dan menghindari sanksi.

Dalam beberapa bulan terakhir, Presiden Aleksandar Vucic mengatakan, menghukum Rusia akan sangat merugikan Beograd. Dia juga meyakinkan UE bahwa Serbia berada di jalur Eropa dan ini adalah satu-satunya kebijakan negara itu.

Karena kontrak pasokan gas 10 tahun Serbia dengan raksasa Rusia, Gazprom berakhir pada akhir Mei, Vucic mengadakan percakapan telepon dengan Presiden Vladimir Putin pada 29 Mei. Hasilnya, kedua belah pihak telah menyetujui kontrak baru selama tiga tahun.

Perjanjian itu diharapkan akan ditandatangani secara resmi selama perjalanan Lavrov ke Beograd.

Original Source

Topik Menarik