Masjid At-Taufiq Diresmikan, Megawati Minta Jokowi Doakan Almarhum Taufiq Kiemas

Masjid At-Taufiq Diresmikan, Megawati Minta Jokowi Doakan Almarhum Taufiq Kiemas

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 8 Juni 2022 - 20:24
share

JAKARTA Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang bersedia meresmikan Masjid At-Taufiq di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022). Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap, Presiden Jokowi dan keluarga bisa salat di masjid tersebut dan mendoakan almarhum Taufiq Kiemas.

"Saya berharap Bapak dan keluarga dapat juga salat di masjid ini bersama para hadirin lainnya untuk sekalian mendoakan almarhum untuk bisa diterima Allah Subhanahu Wa Ta\'ala," kata Megawati, Rabu (8/6/2022).

Megawati menjelaskan, Masjid At-Taufiq dibangun atas prakarsa dari keluarga untuk mengenang almarhum Taufiq Kiemas. Mesjid ini diperuntukkan bagi masyarakat luas di sekitar lokasi, bagi masyarakat secara umumnya, juga bagi kader PDIP yang kebetulan beraktivitas di Sekolah Partai PDIP di seberang masjid.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid At-Taufiq juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sosial di dalam membumikan Pancasila melalui penguatan mental dan spiritual bangsa. Arsitektur masjid yang tidak seperti pada umumnya, tapi sangat menonjolkan tradisi dan tradisional bangsa Indonesia.

Desain ini sejalan dengan ajaran Bung Karno tentang salah satu prinsip Trisakti, yakni berkepribadian dalam kebudayaan. Pada saat awal merancang desain masjid, Megawati mengaku berdiskusi dengan mantan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

Ternyata dengan cara membangun masjid yang menonjolkan keindonesiaan kita menurut saya juga tetap artistik dan indah. Masjid At-Taufiq ini dibuat dengan desain khusus yang seperti tadi telah saya katakan sehingga kalau kita lihat dari ini saja rasanya kita berada di sebuah rumah di Sumatera Barat, tapi tentunya dengan tulisan-tulisan yang sangat Islami, tambah Megawati.

Megawati pun berharap masjid ini juga dapat dijadikan untuk lokasi acara-acara yang menggali pemikiran tokoh-tokoh Islam dari sejak Nabi Muhammad dan para Walisongo. Dan tentunya juga dari sisi Bung Karno tentang masalah Islam.

Di acara itu, Presiden Joko Widodo hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Tampak hadir sejumlah menteri seperti Mensesneg Pratikno, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala BPIP Yudian W.Asmin, Menkumham Yasonna Laoly, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Sementara Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto juga hadir bersama Ketua DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, serta Ketua Umum Bamusi Prof.Hamka Haq. Tampak juga Puti Guntur Soekarno, anggota DPR yang juga cucu Bung Karno. Hadir juga sejumlah alim ulama seperti Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, Sekum Muhammadiyah Abdul Muti, Imam Besar Mesjid Istiqlal Prof.Nasaruddin Umar, Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin.

(rca)

Topik Menarik