Chamilan Endes Cemilan Kekinian Yang Bisa Dinikmati Sekeluarga

Chamilan Endes Cemilan Kekinian Yang Bisa Dinikmati Sekeluarga

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 8 Juni 2022 - 13:24
share

Hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa, suka ngemil. Cemilan biasanya dikonsumsi saat menonton televisi, ngumpul bareng teman atau keluarga, saat sedang santai, dan sebagainya. Saat ini, beragam cemilan kekinian mulai muncul di mana-mana.

Peluang usaha inilah yang ditangkap Annisa Ahlush Shuffah alias Icha. Bermula saat kerap melihat kebiasaan teman-teman kantornya yang suka konsumsi cemilan pedas, seperti makaroni, Icha pun mulai mencoba bisnis cemilan tersebut. Pada 2017, lahirlah Makaroni Endes. Ciri khas dari Makaroni Endes, tidak berminyak, meski proses pembuatannya digoreng.

Cemilan makaroni ala Makaroni Endes tidak berminyak meski proses pembuatan digoreng. Makaroninya seperti di oven karena tidak berminyak sama sekali. Kami punya teknik sendiri dan ini yang membedakan makaroni dari brand lain, kata Icha, bersemangat.

Icha tak hanya terpaku pada kesuksesan usahanya lewat Makaroni Endes. Atas saran teman-temannya, anak kedua dari tiga bersaudara ini mencoba cemilan lain seperti kripik slondok ebi, kerupuk kulit ebi, kurma cokelat almond, dan kurma cokelat keju. Di Juli nanti, akan mengeluarkan produk barunya yaitu donat sereal dan biji kopi cookies.

Brand Makaroni Endes pun berubah menjadi Chamilan Endes. Sebab, cemilan yang dijualnya saat ini tidak hanya makaroni.

Aku ingin produk cemilan dari satu brand bisa dinikmati oleh satu keluarga. Misalnya slondok cemilan untuk ibu, biji kopi cookies dipilih ayah untuk teman ngopi dan donat sereal untuk anak, ujar alumnus Management Transportasi Laut, STMT Trisakti tersebut. Produk Chamilan Endes dipasarkan mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 55.000.

Icha pun membuka bagi pihak yang tertarik ikut memasarkan Chamilan Endes dengan menjadi reseller . Yang berminat bisa mem- follow akun Instagram @chamilan.endes dan akun Instagram Icha @ahlushuffah untuk mendapatkan informasi seputar menjadi reseller. Rencananya, pada Juli nanti, produk-produk Chamilan Endes juga sudah bisa diperoleh di Shopee dan Tokopedia.

Membuka Lapangan Kerja

Selain bergerak dibisnis cemilan, dara kelahiran Jakarta, 4 Desember 1994, ini juga mengembangkan usaha di catering hingga Wedding Organizer (WO). Chameal Catering merupakan brand catering Icha hadir dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Dalam mengelola usaha catering ini, Icha memberdayakan ibu-ibu yang tinggal di sekitar rumahnya. Ibu-ibu inilah yang jadi tukang masaknya. Pangsa pasarku banyak yang suka masakan ibu-ibu. Selain kangen dengan masakan ibu, rasanya juga lebih kuat dibumbu, ujarnya.

Kuat dibumbu, free ongkir, dan tanpa MSG di setiap makanan menjadi ciri khas dari Chameal Catering. Yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Chameal Catering, bisa follow Instragram @chameal.catering.

Icha mengatakan, dalam menjalani usaha Chameal Catering dan WO, tak perlu modal besar. Bisa disebut modal Rp 0. Masak di rumah, alat-alat memasak pakai punya ibu dan uang untuk membeli bahan masakan dari pembeli catering yang sudah transfer di H-2 , tutur Icha.

Dengan berjalannya waktu, dia membuat PT untuk usahanya tersebut. Dengan adanya PT, cateringnya bisa bekerja sama dengan banyak pihak instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta besar.

Masih aktif bekerja tidak menjadi hambatan baginya untuk memiki usaha cemilan, catering, dan wedding organizer. Manajemen waktu menjadi salah satu kuncinya. Icha membagikan tips bagi mereka yang masih aktif bekerja, tetapi ingin punya bisnis. Menurutnya, ada 3 cara agar pekerjaan di kantor dan bisnis dapat berjalan secara beriringan, yakni harus mau capek, bisa membagi waktu dan mengatur waktu dengan bijak, serta terpenting ialah harus konsisten menjalani keduanya secara bersamaan.

Topik Menarik