Ratusan Siswa SMAN 1 Kontunaga Segel Gerbang Sekolah, Ujian Batal Digelar

Ratusan Siswa SMAN 1 Kontunaga Segel Gerbang Sekolah, Ujian Batal Digelar

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 15:24
share

MUNA Ratusan siswa SMA Negeri 1 Kontunaga, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, kembali melakukan unjuk rasa. Dalam aksinya, para siswa nekat menyegel pintu gerbang sekolah.

Akibatnya, puluhan guru yang akan masuk untuk mengawasi proses ulangan sekolah tidak bisa masuk ke dalam sekolah. Alhasil, ulangan sekolah pun batal dilaksanakan.

Salah seorang siswi pengunjuk rasa, Ayu Cahyani mengatakan, aksi pelajar itu buntu penolakan terhadap kepala sekolah, akibat adanya dugaan korupsi dana bos di sekolah mereka.

"Yang turun aksi hari ini siswa dari Kelas 11 dan 12. Ada ratusan orang yang turun aksi. Kami mendesak penggantian kepala sekolah, karena diduga menyelewengkan dana bos," katanya, Selasa (7/6/2022).

Dugaan tersebut menyeruak, karena selama satu tahun terakhir tidak ada kegiatan sekolah dan kegiatan ekstrakulikuler menjadi tidak ada, dengan alasan tidak adanya dana bos.

Sementara itu, Rahmat Hasan, salah seorang guru mengatakan, dirinya tidak bisa berbuat banyak melihat para siswa berunjuk rasa. Dirinya pun mengaku pasrah melihat aksi para siswa.

Baca : Penggunaan Dana BOS Harus Sesuai Juknis Permendikbud 2020

"Harusnya hari ini ada ujian. Sejak kemarin hingga hari ini, akhirnya ujian batal digelar karena ada unjuk rasa," jelasnya.

Para siswa mengancam, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, maka akan terus melakukan unjuk rasa dan mogok belajar.

Terpisah, pihak Kepala Sekolah SMAN 1 Kontunaga, Asmatifa yang ditemui wartawan tidak mau memberikan komentar.

(san)

Topik Menarik