Jokowi Perpanjang Jabatan Megawati sebagai Kepala Dewan Pengarah BPIP sampai 2027

Jokowi Perpanjang Jabatan Megawati sebagai Kepala Dewan Pengarah BPIP sampai 2027

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 08:30
share

JAKARTA Presiden Jokowi bakal melantik kembali Dewan pengarah dan sejumlah pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada hari ini Selasa 7 Juni 2022. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada 13.30 WIB.

Pada Dewan Pengarah, Jokowi kembali bakal melantik Megawati Soekarnoputri dan Yudian Wahyudi kembali dilantik sebagai kepala. Mereka bakal dilantik untuk kepengurusan pada periode 2022-2027.

"Ya (Presiden Jokowi melantik Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP masa jabatan 2022-2027 hari ini)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (7/6/2022).

Mereka yang akan dilantik antara lain, sebagai Kepala yakni Yudian Wahyudi sebagai Wakil Kepala Karjono. Lalu sebagai Dewan Pengarah yakni : Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Wisnu Bawa Tenaya, Said Aqil Siradj, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, Rikard Bagun dan Muhammad Amin Abdullah.

Diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Bersamaan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila berikut serba-serbi mengenai BPIP.

BPIP bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. Selain itu, BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

BPIP juga melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

(muh)

Topik Menarik