4 Penyakit yang Disebabkan Kolesterol Tinggi, Waspada!

4 Penyakit yang Disebabkan Kolesterol Tinggi, Waspada!

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 06:30
share

JAKARTA Kolesterol tinggi berpotensi menimbulkan penyakit lain yang lebih kronis. Karenanya, penting untuk memastikan kadar kolesterol Anda terkontrol dengan baik.

Kolesterol dapat membuat pembuluh darah menyempit atau tersumbat. Hal ini tentu sangat berbahaya. Berikut empat penyakit yang bisa disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Risiko utama yang terkait dengan kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner (PJK). Seiring waktu, penumpukan kolesterol dapat menyebabkan arteri menjadi menyempit, dan pembuluh darah yang menyempit mengurangi aliran darah ke jantung.

Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada karena aliran darah yang tidak cukup ke jantung, atau terjadi serangan jantung jika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya dan otot jantung mulai mati.

2. Stroke

Penyakit kedua akibat kadar kolesterol yang tinggi yaitu stroke. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Hal ini dapat terjadi jika suplai darah ke otak berkurang.

Ketika stroke terjadi, bagian otak tidak bisa mendapatkan darah serta oksigen yang dibutuhkannya, sehingga mulai mati.

Banyak yang tidak menyadari kalau kolesterol juga mampu mengantarkan seseorang terkena diabetes tipe 2. Sebab penderita diabetes cenderung mengalami peningkatan trigliserida, penurunan high-density lipoprotein (HDL) dan kadang-kadang peningkatan low-density lipoprotein (LDL). Ini meningkatkan kemungkinan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

4. Disfungsi Ereksi

Penyakit terakhir yang bisa timbul akibat kolesterol tinggi adalah rusaknya nafsu seksual atau disfungsi ereksi. Dalam jangka panjang, kolesterol tinggi tampaknya memicu penyempitan pembuluh darah kecil penis, yang seharusnya meregang agar memungkinkan lebih banyak darah tersalurkan untuk ereksi.

Selain itu, bila Anda memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, dapat menumpuk di arteri dan kemudian bergabung dengan zat lain untuk membentuk plak yang mengeras serta mempersempit pembuluh darah.

(tsa)

Topik Menarik