Amalan untuk Menghapus Dosa-dosa Kecil

Amalan untuk Menghapus Dosa-dosa Kecil

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 5 Juni 2022 - 17:30
share

Adakah amalan yang bisa menghapus dosa-dosa kecil ? Dalam Islam, sekecil apapun amal perbuatan manusia, pasti akan mendapat balasan dari Allah Subhanahu wa ta\'ala. Bila ia berbuat kebaikan maka ia akan menerima pahala kebaikan itu, sebaliknya bila ia berbuat kejahatan maka ia merasakannya dampak negatif yang ia lakukan.

Untuk menghapus dosa -dosa, banyak amalan yang bisa kita lakukan. Misalnya, setiap muslim yang hendak ke masjid, musala, atau tempat pengajian terutama untuk menunaikan kewajiban seperti salat lima waktu, salat Jumat maupun hal lain, maka Allah akan mengampuni dosa yang ia lakukan dan akan mengangkat derajatnya di dunia dan akhirat.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam :

[arabOpen] : [arabClose]

Diriwayatkan dari Abi Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, Barangsiapa bersuci di rumah kemudian menuju ke tempat ibadah untuk menunaikan kewajiban, maka langkahnya akan mendapatkan dua keistimewaan. Pertama, kesalahannya akan diampuni oleh Allah. Kedua,akan mendapatkan derajat yang mulia. (HR. Muslim).

Menurut Sulthan Ulama dalam Qawaid al-Ahkam seperti dilansir islam.co , hadis ini menjelaskan tentang wasilah atau perantaraan agar manusia mendapatkan ampunan, salah satunya dengan membersihkan diri saat hendak beribadah kepada Allah.

Dalam kitab Dalilul Falihin dijelaskan bahwa kriteria dosa yang diampuni adalah dosa kecil. Sedangkan dosa besar akan diampuni dengan melakukan taubat yang benar. Maka dari itu, berbuat baiklah karena Allah akan membalas kebaikanmu.

Wallahu A\'lam

(wid)

Topik Menarik