Anies-Puan Mesra di Formula E, Pengamat: Berpeluang Lahirkan Poros Ancol

Anies-Puan Mesra di Formula E, Pengamat: Berpeluang Lahirkan Poros Ancol

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 5 Juni 2022 - 15:30
share

JAKARTA Ajang balapan Formula E yang berlangsung di Jakarta International E Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, telah rampung. Even internasional yang digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 tersebut terbilang cukup sukses. Tak sedikit pejabat negara yang menonton langsung ajang balapan tersebut.

Sejumlah pejabat negara yang hadir langsung ke Sirkuit JIEC Ancol antara lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi); Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; Ketua DPR Puan Maharani; Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet); hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Di balik kesuksesan ajang balapan Formula E tersebut, terdapat momen politik yang tidak biasa. Beberapa pejabat negara tampak akrab saat menonton ajang balapan Formula E. Salah satunya, Anies Baswedan dan Puan Maharani . Keduanya duduk bersebelahan saat menyaksikan balapan tersebut.

Pakar Komunikasi Politik asal Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, even Formula E Jakarta berpeluang melahirkan \'Poros Ancol\' menjelang Pilpres 2024. Poros Ancol tersebut, ditafsirkan Hendri, nantinya berpotensi melahirkan duet pasangan Anies Baswedan dengan Puan Maharani untuk Pilpres 2024.

"Saya sebut kemarin itu Poros Ancol yang sangat mungkin memunculkan duet Anies-Puan atau Puan-Anies serta membuka jalan bagi Sahroni ke jalan Gubernur Jakarta 2024," kata Hendri saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Minggu (5/6/2022).

Menurut Hendri, kesuksesan ajang balapan Formula E Jakarta juga menjadi momentum politik tersendiri bagi para tokoh yang hadir. Salah satunya, momen politik Jokowi untuk mencatatkan sejarah sebagai prestasi yang positif. Selain itu juga, momen politik bagi Anies Baswedan untuk tampil kembali dalam politik nasional.

"Formula E kemarin adalah momentum politik. Momentum bagi Jokowi untuk ditulis prestasi positif dalam sejarah. Momentum bagi Anies untuk muncul kembali dalam politik nasional. Momentum bagi Sahroni menepak jalur politik yang lebih tinggi," ujarnya.

Sekadar informasi, momen keakraban antara sejumlah pejabat negara terlihat saat ajang balapan Formula E di JIEC Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Momen keakraban terjalin antara Anies Baswedan dengan Puan Maharani yang duduk bersebelahan. Beberapa pihak menganggap keakraban Anies dan Puan sebagai sinyal politik untuk Pilpres 2024.

(abd)

Topik Menarik