Momen Jemaah Haji Indonesia Injak Tanah Suci Pertama Kali Sejak Pandemi, Haru dan Bahagia

Momen Jemaah Haji Indonesia Injak Tanah Suci Pertama Kali Sejak Pandemi, Haru dan Bahagia

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 5 Juni 2022 - 13:48
share

Jemaah haji Indonesia kloter pertama yang diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1) tiba di Madinah, Sabtu (4/6/2022). Mereka berjumlah 358 orang yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS).

Keharuan menyelimuti kedatangan rombangan jemaah tersebut. Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad dan Konjen RI di Jeddah, Eko Hartono bahkan langsung menyambut mereka.

Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi, ujar Abdul Aziz di Bandara AMAA Madinah, Sabtu (4/6/2022), dipantau dari laman resmi berita haji Kemenag RI.

Jemaah Haji Indonesia
Jemaah Haji Indonesia yang tiba di tanah suci (Dok.Kemenag RI)

Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi, sambungnya.

Dubes RI di Saudi itu pun berpesan agar seluruh jemaah tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, tetapi mereka tetap harus disiplin protokol kesehatan . Apalagi saat ini kondisi di Saudi sangat panas.

Jamaah jangan lupa minum, dan makan, pesannya.

Sementara itu Konjen RI di Jeddah yang juga ikut menyambut jemaah mengungkap bahwa selama di Madinah , jemaah akan menjalani ibadah Arbain. Yaitu, salat berjamaah di Masjid Nabawi selama 40 waktu.

 Jemaah Haji Indonesia
Jemaah Haji Indonesia yang tiba di tanah suci (Dok.Kemenag RI)

Masa tinggal jemaah di Madinah maksimal sembilan hari. Selesai Arbain, jamaah akan diberangkatkan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah lalu menunggu sampai tiba fase puncak haji, paparnya.

Kehadiran Kloter SOC 1 ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji Indonesia. Mereka mendapat penyambutan khusus dari pejabat Indonesia serta Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Mereka juga mendapat bunga sebagai bentuk penghormatan. Panitia Saudi menyiapkan panggung kecil untuk dilewati jemaah sambil mendapat siraman bunga.

 Jemaah Haji Indonesia
Jemaah Haji Indonesia yang tiba di tanah suci (Dok.Kemenag RI)

Tak hanya itu, jemaah juga mendapat hadiah dalam kemasan kotak yang berisi sajadah dan kurma.

Senandung thalaal badru juga mengiringi kedatangan jemaah, menambah keharuan suasana di Terminal Haji Bandara Internasional AMMA Madinah.

Topik Menarik