Ajak Lansia Hidup Sehat, Menkes Budi Gunadi Perkenalkan Aplikasi ASIK

Ajak Lansia Hidup Sehat, Menkes Budi Gunadi Perkenalkan Aplikasi ASIK

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 12:30
share

JAKARTA Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengingatkan betapa pentingnya kesehatan di masa lanjut usia atau lansia. Dia pun mengajak para lansia menjaga kesehatan melalui berbagai aktivitas, seeprti olahraga maupun skrining kesehatan.

"Bapak/ibu harus menjaga supaya bapak/ibu tetap sehat. Tugas kami di Kementerian Kesehatan adalah memastikan bapak/ibu tahu bagaimana caranya untuk bisa hidup tetap sehat," ungkap Menkes Budi Gunadi dalam laman resmi Kemenkes, Sabtu (4/6/2022).

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan lansia, menurut Menkes Budi, adalah aktivitas fisik seperti berjalan kaki, senam, naik sepeda, dan lain sebagainya selama 30 menit, 5 hari dalam seminggu.

Selain aktivitas fisik, menkes juga menganjurkan lansia melakukan aktivitas senam otak. Dia juga mengingatkan agar lansia melakukan screening kesehatan secara rutin, untuk mempercepat diagnosis saat adanya potensi penyakit lebih berat, sehingga upaya pencegahan tetap dapat dilakukan.

"Apabila indikasi penyakit berat bisa terdeteksi lebih dini, maka kita bisa lebih memastikan kesehatan kita ke depannya. Menjaga kesehatan jauh lebih baik dan lebih murah," kata Budi Gunadi.

Dalam momentum yang sama, Kemenkes meluncurkan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK). Aplikasi yang bermanfaat bagi petugas kesehatan untuk merekam hasil pemeriksaan kesehatan pasien.

ASIK mencatat hasil deteksi dini individual oleh tenaga kesehatan, kader posyandu/posbindu, caregiver, dan secara mandiri terkait status risiko. ASIK merupakan pengembangan tahap berikutnya dari PeduliLindungi atau saling terintegrasi.

"Kedua aplikasi ini akan saling terintegrasi nantinya. Aplikasi ASIK akan merekam hasil pemeriksaan kesehatan pasien, yang nantinya bisa diakses oleh pasien pada aplikasi peduli lindungi," ujarnya.

(nug)

Topik Menarik