Loading...
Loading…
Surat Al Maidah Ayat 1: Perintah Orang Beriman Wajib Memenuhi Janji-Janji

Surat Al Maidah Ayat 1: Perintah Orang Beriman Wajib Memenuhi Janji-Janji

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Sabtu, 04 Juni 2022 - 12:30

SURAT Al Maidah Ayat 1 memerintahkan setiap orang beriman untuk memenuhi janji-janji yang telah diikrarkan. Termasuk janji prasetia hamba kepada Allah Subhanahu wa ta'ala maupun janji yang dibuat di antara sesama manusia, seperti bertalian dengan perkawinan, perdagangan, dan sebagainya; selama janji itu tidak melanggar syariat Allah Ta'ala.

Selanjutnya Surat Al Maidah Ayat 1 menyebutkan tentang hewan-hewan yang halal dimakan kaum Muslimin, sebagaimana tersebut dalam Surah Al Anam/6: 143 dan 144.

Sebagai informasi, surat ini dinamakan Al Maidah (Jamuan) karena mengisahkan para pengikut setia Nabi Isa Alaihissalam yang meminta kepada Nabi Isa agar Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan untuk mereka Al Ma'idah (hidangan makanan) dari langit.

Berikut isi Surat Al Maidah Ayat 1:

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki."

Original Source

Topik Menarik

{
{
{