Loading...
Loading…
Bedanya Komedo Putih dan Komedo Hitam Apa SIh? Yuk SImak Jawabannya

Bedanya Komedo Putih dan Komedo Hitam Apa SIh? Yuk SImak Jawabannya

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Indozone | Sabtu, 04 Juni 2022 - 12:35

Komedo biasanyamuncul di area hidung, dagu, dan sekitar bibir.Kotoran yang terjebak di pori-pori kulit adalah pemicukemunculan komedo.

Kondisi ini diperparah jika kamu jarang membersihkan wajah.Saat kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang terdapat di bawah kulit menyumbat pori-pori, komedo rentan muncul.

Hal yang unik adalah, komedo bisa muncul dengan warna yang berbeda, yakni putih dan hitam. Apa bedanya? Yuk simak penjelasannya yangdilansir dari berbagai sumber.

1. Komedo putih

Komedo putih disebut dengan whitehead, terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori. Kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat biasanya menutup, sehingga sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan tidak mengubah warna komedo.

Penyumbatan pori-pori disebabkan oleh banyak faktor, antara lain perubahan hormon, kulit berminyak, paparan bahan kimia, pecahnya folikel rambut, kebiasaan merokok, serta terlalu banyak konsumsi makanan manis dan berlemak tinggi. Komedo putih (Whitehead)

Komedo putih termasuk masalah kulit ringan sehingga penanganannya relatif mudah. Misalnya dengan rutin pakai sabun cuci muka atau salep yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini berfungsi mengontrol kadar minyak berlebih di dalam pori-pori. Pada kasus yang parah, dokter mungkin meresepkan obat retinoid yang berfungsi menghilangkan sel kulit mati dan membuka sumbatan pori-pori. Antibiotik diresepkan bila muncul tanda peradangan pada kulit.

Baca Juga :
Ini Dia Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam yang Perlu Kamu Ketahui!

Perawatan kosmetik juga bisa dilakukan untuk mengatasi komedo putih. Di antaranya adalah chemical peeling, ekstraksi komedo, suntik kortikosteroid, hingga terapi cahaya. Tanya dokter spesialis kecantikan tentang efek samping dan keamanannya sebelum kamu melakukan salah satu prosedur tersebut.

2. Komedo Hitam

Komedo hitam terjadi saat kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat terbuka, sehingga komedo terpapar oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Kondisi ini berbeda dengan komedo putih yang benjolannya tertutup hingga terlihat putih. Ada beberapa faktor yang memicu kemunculan komedo hitam, antara lain produksi keringat berlebih, iritasi pada folikel rambut, penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit, produksi minyak berlebih, dan efek samping konsumsi obat. Komedo hitam (Blackhead)

Baca Juga :
Inilah Perbedaan Komedo Blackheads dan Whiteheads

Kamu bisa mengatasi komedo hitam dengan konsumsi obat jerawat atau komedo yang dijual bebas maupun dengan resep dokter. Biasanya dokter meresepkan obat yang mengandung vitamin A untuk mencegah penyumbatan di folikel rambut dan mendorong pergantian sel kulit lebih cepat. Dokter juga mungkin meresepkan obat topikal yang mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik, disesuaikan dengan komedohitam yang kamu alami. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{