Loading...
Loading…
Pemimpin Gereja Evangelis Akui Kejahatan Seksual terhadap 3 Anak

Pemimpin Gereja Evangelis Akui Kejahatan Seksual terhadap 3 Anak

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Sabtu, 04 Juni 2022 - 09:50

LOS ANGELES, iNews.id Pemimpin salah satu gereja evangelis yang berbasis di Meksiko mengaku bersalah atas tuduhan kejahatan seksual terhadap tiga anak. Pengakuan tersebut dikonfirmasi oleh Kantor Jaksa Agung California, AS, Jumat (3/6/2022) waktu setempat.

Reuters melansir, terdakwa bernama Nasson Joaquin Garcia. Dia adalah pemimpin Gereja La Luz del Mundo yang berbasis di Guadalajara, Meksiko, yang mengeklaim memiliki sekitar 5 juta jemaat di seluruh dunia.

Menurut jaksa, pengakuan bersalah itu disampaikan terdakwa tiga hari sebelum dia dijadwalkan untuk diadili. Sidang terkait hukuman untuk berusia 53 tahun itu dijadwalkan digelar pada Rabu (8/6/2022) depan. Dia terancam hukuman 16 tahun delapan bulan penjara, kata jaksa.

Pengakuan Garcia sekaligus mengakhiri penyelidikan kasus kejahatan seksual yang mulai berlangsung sejak 2018. Garcia ditangkap pada tahun berikutnya di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat, bersama dengan seorang terdakwa lainnya, Susana Medina Oaxaca.

Garcia mengaku bersalah atas dua tuduhan persetubuhan lewat mulut (seks oral) secara paksa yang melibatkan anak-anak di bawah umur. Dia juga mengaku satu tuduhan tindakan cabul pada seorang anak.

Baca Juga :
Terbukti Lecehkan 3 Gadis, Pemimpin Gereja Evangelis Divonis 16 Tahun Penjara

Terdakwa kedua, Alondra Ocampo, ditangkap pada 2019. Dia juga mengaku bersalah pada 2020 atas tiga tuduhan kejahatan melakukan kontak dengan anak di bawah umur untuk tujuan melakukan pelanggaran seksual dan satu tuduhan penetrasi seksual paksa.

Secara total, Garcia, Oaxaca, dan Ocampo telah menghadapi 36 tuduhan tindak kejahatan, termasuk tuduhan pemerkosaan, perdagangan manusia, dan pornografi anak. Mayoritas dari jumlah dakwaan itu dibatalkan sebagai imbalan atas pengakuan bersalah para terdakwa.

Adapun tersangka keempat yang juga terkait dalam perkara pedofilia itu, Azalea Rangel Melendez, sampai hari ini masih buron, kata jaksa.

La Luz del Mundo adalah gereja evangelis terbesar di Meksiko, berdiri sejak 1920-an. Gereja itu memiliki cabang di 50 negara dan memiliki sekitar 5 juta anggota.

Ketika seorang hakim Los Angeles memerintahkan Garcia untuk diadili pada Agustus 2020, pihak gereja sempat mengeluarkan pernyataan membela pemimpin mereka itu. Mereka menganggap tuduhan terhadapnya tak berdasar dan bersifat desas-desus belaka.

Baca Juga :
Pimpinan Gereja Meksiko Divonis 16 Tahun Penjara karena Pelecehan Seksual Anak

Original Source

Topik Menarik

{
{
{