Intip Keseruan Alexandra Asmasoebrata Ajak 100 Anak Lihat Behind The Scene Formula E Jakarta

Intip Keseruan Alexandra Asmasoebrata Ajak 100 Anak Lihat Behind The Scene Formula E Jakarta

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 09:09
share

JAKARTA Pembalap Alexandra Asmasoebrata mengajak 100 anak perempuan yang terpilihuntuk melihat langsung behind the scene jelang balapan Formula E Jakarta 2022. Perempuan pertama di Asia pada ajang formula ini tampak begitu antusias dalam membimbing anak-anak tersebut untuk berkeliling area sirkuit terutama paddock alias garasi mobil-mobil balap elektrik.

Saat disapa oleh MNC Portal Indonesia (MPI) , Andra sapaan Alexandra- ternyata sedang mengisi salah satu sesi program Girls on Track yang digelar Fdration Internationale de l\'Automobile (FIA) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Menurut kampiun China Formula Campus Asian Division 2005 ini, ada seratus anak perempuan berusia 8 hingga 18 tahun yang mengikuti program Girls on Track.

Pembalap Alexandra Asmasoebrata mengajak 100 anak yang terpilihuntuk melihat langsung behind the scene jelang balapan Formula E Jakarta 2022.  (FOTO: MPI/Carlos Roy Fajarta).

Sepanjang hari, dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, mereka diajak bertualang merasakan pengalaman seputar dunia balap mobil bersama sejumlah mentor.

Ada sekitar sepuluh jenis aktivitas di antaranya merasakan langsung sensasi behind the scene balap Formula E Jakarta 2022. Mulai dari memasang ban, latihan fisik ala pembalap, tur ke paddock, kelas karir, berkendara secara aman, menonton tes lintasan dari tribun kelas festival, ngobrol dengan pembalap, hingga pengetahuan peralihan dari BBM ke energi listrik.

Anak-anak ini datang dari berbagai daerah. IMI membuka pendaftaran melalui media sosial dua bulan lalu. Dari sekitar 200 anak yang mendaftar, FIA memilih seratus di antaranya. Semua aktivitas ini mereka ikuti secara gratis, tutur Andra yang menjabat ketua IMI Women on Motorsport.

Menurut dia, para peserta juga dipertemukan dengan sejumlah tokoh perempuan di dunia balap. Tak hanya pembalap tapi juga perempuan yang menjadi race director, team principal, team manager hingga dokter olahraga.

Aqilah, 9, mengaku senang bisa mengikuti program Girls On Track. "Aku bertemu banyak teman baru dan diajarin banyak hal baru, tutur siswi kelas 2 SD ini.

Aini, 17, siswi kelas 3 SMA mengaku ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan. Ini sungguh momen yang sangat bernilai untuk hidup saya, katanya.

Pembalap Alexandra Asmasoebrata mengajak 100 anak yang terpilihuntuk melihat langsung behind the scene jelang balapan Formula E Jakarta 2022.  (FOTO: MPI/Carlos Roy Fajarta).

Titik Munaningsih, orang tua salah satu peserta dari Temanggung, Jawa Tengah, memandang program Girls on Track ini sangat bagus untuk mengasah wawasan putrinya mengenai mobil listrik.

Anak-anak juga mendapat banyak materi yang mengasah aspek softskill dan motivasi, katanya.

Putri Titik sebenarnya sedang mengikuti ujian di sekolah. Beruntung, pihak sekolah mengizinkan putrinya mengikuti ujian susulan agar dapat mengikuti kegiatan sekali seumur hidup ini.

Topik Menarik