Sisi Lain Formula E Jakarta 2022: Alexandra Asmasoebrata <i>Ngasuh</i> 100 Anak di Arena Balap

Sisi Lain Formula E Jakarta 2022: Alexandra Asmasoebrata Ngasuh 100 Anak di Arena Balap

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 08:49
share

JAKARTA Formula E Jakarta 2022 berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (4/6/2022). Di tengah keriuhan Formula E Jakarta 2022, tampak pembalap nasional, Alexandra Asmasoebrata , tengah mengasuh sejumlah anak.

Perempuan Asia pertama di ajang formula ini, mengajak anak-anak perempuan berkeliling area sirkuit, terutama paddock. Saat disapa oleh MNC Portal Indonesia (MPI), Andra sapaan Alexandra ternyata sedang mengisi salah satu sesi program Girls on Track yang digelar Federation Internationale de l\'Automobile (FIA) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Alexandra Asmasoebrata (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

Menurut kampiun China Formula Campus Asian Division 2005 ini, ada seratus anak perempuan berusia 8 hingga 18 tahun yang mengikuti program Girls on Track. Sepanjang hari, dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, mereka diajak berkeliling untuk merasakan pengalaman dunia balap mobil.

Ada sekitar 10 jenis aktivitas yang di antaranya, yaitu merasakan langsung sensasi behind the scene balapan Formula E, seperti memasang ban, latihan fisik ala pembalap, tur ke paddock, kelas karier, berkendara secara aman, menonton dari tribun kelas festival, berbincang dengan pembalap hingga pengetahuan peralihan dari BBM ke energi listrik.

Anak-anak ini datang dari berbagai daerah. IMI membuka pendaftaran melalui media sosial dua bulan lalu. Dari sekitar 200 anak yang mendaftar, FIA memilih seratus di antaranya. Semua aktivitas ini mereka ikuti secara gratis, tutur Andra yang menjabat ketua IMI Women on Motorsport.

Menurutnya, para peserta juga dipertemukan dengan sejumlah tokoh perempuan di dunia balap. Tak hanya pembalap, tapi juga perempuan yang menjadi race director, team principal, team manager hingga dokter olahraga.

Topik Menarik