Loading...
Loading…
Hanya Sedikit Anak Muda Cari Bantuan Profesional saat Alami Gangguan Mental, Begini Cara Dapatkan Konseling Gratis!

Hanya Sedikit Anak Muda Cari Bantuan Profesional saat Alami Gangguan Mental, Begini Cara Dapatkan Konseling Gratis!

Gaya Hidup | herstory | Sabtu, 04 Juni 2022 - 07:45

Masalah kesehatan mental telah mempengaruhi anak-anak dan remaja, termasuk depresi, kecemasan, dan gangguan perilaku. Perawatan kesehatan mental untuk remaja, khususnya, adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Namun sayang, tak sedikit remaja yang justru mengabaikannya.

Mengutip dari WHO, sebagian dari isu kesehatan mental ini sudah mulai dirasakan sejak usia 14 tahun, dan sebagian besar dialami perempuan.

Isu kesehatan mental juga telah menjadi isu yang diperbincangkan di Indonesia. Karena melalui studi yang dilakukan Maybelline New York bersama Jakpat, seluruh responden pernah merasakan setidaknya satu ciri-ciri kecemasan dan depresi, seperti merasa tidak berharga, kehilangan minat, perubahan pola tidur, hingga pikiran menyakiti diri sendiri. Namun, hanya 6 dari 10 responden menyadarinya sebagai isu kesehatan mental.

Pandemi COVID-19 juga telah mengakselerasi percakapan terkait kesehatan mental, terutama di kalangan Gen Z. Beberapa isu yang mendorong kecemasan antara lain kekhawatiran akan masa depan, takut menjadi dewasa, tekanan, dan takut dihakimi.

Hampir 70% responden memilih berdoa atau bercerita dengan teman untuk mengatasi masalah kesehatan mental dirinya. Dengan tingkat kesadaran yang cukup tinggi, faktanya hanya 15% yang memilih pergi ke psikolog untuk membantu menanganinya.

Baca Juga :
Generasi Milenial dan Z Alami Kecemasan

Dengan kata lain, masih sedikit remaja yang mencari bantuan profesional ketika mengalami gangguan mental. Ada berbagai dugaan yang menjadi penyebab kenapa bisa terjadi hal demikian.

"Mungkin karena akses untuk konseling profesional masih belum merata. Hanya ada satu psikolog untuk 370 ribu populasi Indonesia," ungkap Brand General Manager Maybelline Indonesia Carla Mangindaan secara virtual, Jumat (3/6/2022).

Lewat program #BraveTogether, Maybelline melakukan campaign konseling gratis untuk membantu masyarakat terutama kalangan anak muda yang tengah mengalami situasi kesehatan mental. Program yang hadir di Indonesia ini ditujukan untuk membantu para anak muda untuk terbuka dalam semua isu kesehatan mental.

Maybelline mengambil langkah nyata untuk mengubah stigma negatif terkait isu kesehatan mental dan memberikan akses bantuan konseling secara gratis. Bersama kita ciptakan dunia yang lebih inklusif dan nyaman tanpa stigma terkait kecemasan dan depresi, Anda tidak sendirian, tutur Carla.

Baca Juga :
Awas, Jangan Terjebak Mitos Seputar Stres Ini!

Tak sendiri, dalam program ini, Maybelline menggandeng KALM, sebagai official conselling partner. KALM merupakan sebuah platform konseling online berbasis aplikasi yang menaungi lebih dari 200 psikolog professional. Maybelline melalui KALM berkomitmen untuk memberikan konseling gratis kepada 10.000 generasi muda Indonesia melalui kampanye Brave Together.

Sejak awal didirikan tahun 2017, KALM memiliki visi untuk membuat layanan konseling lebih mudah dijangkau untuk semua. Namun, kami sadar bahwa hambatan seperti stigma, kurangnya pengetahuan, serta keterbatasan biaya membuat orang ragu dan lalu menjadikan konseling dengan tenaga profesional menjadi pilihan terakhir, ungkap Karina Negara, Psikolog Klinis & Co-Founder KALM.

Lewat aplikasi KALM, setiap orang bisa melakukan konseling kesehatan mental, di mana pun dan kapan pun, dengan pihak profesional.

Jadi di aplikasi KALM ini, konseling yang satu-satunya di Indonesia berbasis subscrabtion atau langganan. Voucher kalian itu akan memberikan kalian langganan tiga hari konseling online. Kalian chat 3 hari anytime anywhere. Misal jam 2 pagi lagi sedih atau galau, jangan ditahan, kalian curhatin yang dirasakan dan nanti di jam kerja, conseller akan menanggapi, papar Karina.

Bukan hanya KALM, Maybelline juga berkolaborasi dengan Rahasia Gadis untuk memperlebar kepedulian dan edukasi terutama dalam masalah kesehatan mental.

"Dalam program kami ini ditargetkan ada 10 ribu orang yang turut berpartisipasi. Siapa pun bisa mengakses dan bisa mendapat layanan gratis. Caranya dengan menginput kode BRAVE 33-33-33-33," kata Carla menambahkan.

Brave Together juga didukung secara resmi oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), yang merupakan badan organisasi tertinggi terkait isu kesehatan mental.

Untuk mendapatkan konseling gratis dari Maybelline, Beauty langsung bisa mengunduh aplikasi KALM di Google PlayStore atau App Store, dan gunakan kode BRAVE 33-33-33-33.

Selain konseling, Maybelline juga akan memberikan rangkaian edukasi melalui webinar gratis dengan pembicara menarik yang mengangkat topik kesehatan mental yang menjadi perhatian remaja.

Original Source

Topik Menarik

{