Prakiraan BMKG, Batam Diguyur Hujan Deras Disertai Petir

Prakiraan BMKG, Batam Diguyur Hujan Deras Disertai Petir

Gaya Hidup | genpi.co | Sabtu, 4 Juni 2022 - 07:00
share

GenPI.co Kepri - Berdasarkan prakiraan BMKG, hari ini, Sabtu (4/6) Kota Batam diguyur hujan deras disertai petir.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam, Fitri Annisa mengatakan, hujan yang turun diperkirakan cukup panjang, mulai dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

Hujan baru reda diperkirakan di sore harinya. Namun, hujan kembali turun Minggu (5/6) dini hari.

"Waspada hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang di siang dan dini hari," ujarnya, Jumat (3/6).

Derasnya hujan yang turun, disebabkan kondisi labilitas udara skala lokal yang kuat di wilayah Kepulauan Riau. Sehingga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

Dari data BMKG, kelembapan di Batam berkisar dari 60 hingga 95 persen. Lalu, angin berhembus dengan kecepatan 5 sampai 25 knot.

Fitri Annisa menyebutkan hujan deras disertai petir, juga diprediksi akan terjadi di wilayah Bintan, Natuna dan Tanjung Pinang.

Sedangkan daerah lainnya, Lingga, Karimun dan Anambas hanya terjadi hujan ringan.

"Secara umum, kondisi cuaca di wilayah Kepulauan Riau diperkirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang pada pagi, siang, dan dini hari," ujarnya.

Kepada masyarakat yang beraktivitas di laut, Fitri meminta agar selalu berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang mendadak.

BMKG Hang Nadim juga memprediksi gelombang setinggi 1,5 meter, di perairan Batam, Bintan, Lingga, dan Anambas.(*)

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik