Loading...
Loading…
4 Event Internasional yang Pernah Digelar di Jakarta, Konser Musik hingga Pesta Olahraga

4 Event Internasional yang Pernah Digelar di Jakarta, Konser Musik hingga Pesta Olahraga

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Sabtu, 04 Juni 2022 - 05:29

JAKARTA - Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta kerap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan atau event internasional. Mulai dari olahraga hingga acara musik , tak pernah absen dari agenda kegiatan di Jakarta. Berikut daftar event internasional yang pernah digelar di Jakarta.

1. Sea Games 2011

Perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games, pernah dihelat di Jakarta pada 11 sampai 22 November 2011. Selain Jakarta, kota di Indonesia yang juga ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Palembang. Dalam ajang ini, Indonesia mampu keluar sebagai juara umum dengan mengoleksi 182 emas, 151 perak, dan 143 medali perunggu. Pencapaian itu diapresiasi sangat baik oleh Wakil Presiden Boediono yang kala itu menjabat.

2. Asian Games dan Asian Para Games 2018

Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional dengan level yang lebih tinggi, yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018. Kali ini, Jakarta lagi-lagi disandingkan dengan Palembang sebagai kota penyelenggara. Untuk Asian Games, pelaksanaannya dilakukan pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Sedangkan Asian Para Games digelar pada 6-13 Oktober 2018. Khusus Asian Para Games, kegiatan dilaksanakan hanya di Jakarta.

Baca Juga :
Di Kab. Tangerang, Konser Musik dan Festival Belum Diizinkan Digelar

Penyelenggaraan kedua event olahraga besar ini dinilai sangat fantastis. Apalagi, pesta pembukaan dan penutupan Asian Games yang menyita perhatian warga internasional, tak hanya bagi masyarakat Asia. Kontingen Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 klasemen akhir dengan mengoleksi 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Saat itu, pencak silat adalah cabang olahraga yang menjadi lumbung emas Indonesia.

Original Source

Topik Menarik

{