Fungsi Balok Keseimbangan pada Senam Ketangkasan Lengkap Beserta Penjelasannya

Fungsi Balok Keseimbangan pada Senam Ketangkasan Lengkap Beserta Penjelasannya

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 03:49
share

JAKARTA -Senam ketangkasan disebut juga dengan senam artistik. Karena gerakannya yang menggabungkan unsur-unsur senam dengan gerakan artistik.

Senam ketangkasan adalah olahraga yang menggerakkan, meregangkan, dan memutar seluruh tubuh dengan cepat. Senam ketangkasan adalah olahraga yang dapat dilakukanbaik dengan alat ataupun tanpa alat. Salah satunya adalah balok keseimbangan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi balok keseimbangan pada senam ketangkasan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut Sportstars.id akan membahas tentang fungsi balok keseimbangan pada senam ketangkasan.

Menurut Yani Mulyani Juliska Gracinia (2007) balok keseimbangan adalah papan panjang atau bangku dengan tinggi kurang lebih 30 - 50 cm dan panjang 1,5 - 2 m. Balok keseimbangan adalah alat untuk melatih keseimbangan tubuh dan kekuatan otot tungkai.

Untuk mempraktekkannya, berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan merentangkan tangan, meletakkan tangan di pinggang, mengangkat beban, dan mengisi ember denga air. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara berjalan di atas balok dengan tangan disilangkan, atau tangan terentang dan mata tertutup.

Fungsi Balok Keseimbangan Pada Senam Ketangkasan

Menurut Mohammad Muhyi Faruq (2007) balok ketangkasan pada senam ketangkasan memiliki beberapa fungsi untuk kesehatan, berikut penjelasannya:

  1. Berfungsi untuk mengembangkan gerak keberanian.
  2. Berfungsi untuk melatih keseimbangan.
  3. Berfungsi untuk melatih kelincahan.

Itulah penjelasan mengenai fungsi balok keseimbangan pada senam ketangkasan, semoga bermanfaat bagi pembaca. (Gina Fujiariska)

Topik Menarik