Polemik BUMN Tak Sponsori Formula E, DPR: Tak Ada Keharusan

Polemik BUMN Tak Sponsori Formula E, DPR: Tak Ada Keharusan

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Juni 2022 - 18:49
share

IDXChannel - Heboh soal polemik tak ada sponsor BUMN di ajang mobil balap listrik formula E besok.

Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Sitorus pun menyampaikan tidak ada sebuah keharusan bagi BUMN untuk menjadi sponsor bagi kegiatan formula E.

Menurut dia, kegiatan sponsor itu banyak pertimbangannya. Terutama seperti keterkaitan jenis kegiatan dan spektrum penonton target dengan bisnis atau produk BUMN itu sendiri.

Terpenting, biasanya sponsorship yang berbiaya besar selalu melibatkan BUMN sasaran dengan penyelenggara kegiatan sejak awal perencanaan. Beda halnya, jika hanya sekedar kontribusi, dukungan pembiayaan, placement produk atau logo.

Jadi menurut saya aneh kalau menjelang penyelenggaraan, panitia Formula-E melempar polemik soal tidak adanya sponsorship dari BUMN, kata Deddy dalam keterangannya, Jumat (3/6/2022).

Dia justru mempertanyakan apakah BUMN yang ditarget oleh panitia Formula-E, sejak awal diajak bicara tentang konsep bisnis sponsorshipnya. Ia mencontohkan, semisal adalah BUMN perbankan, apakah sejak awal BUMN tersebut ditawarkan seperti halnya marketing ticket atau penempatan logo di arena balap.

Atau contoh lain Pertamina, apakah diminta menjadi sponsor tertentu dengan memakai produk yang dihasilkan Pertamina Lubricant misalnya? Jika tidak, tentu akan berat bagi BUMN untuk berpartisipasi sebagai sponsor karena hitungannya jelas bisnis sense dan ada aturannya, ujarnya.

Menurut dia, tidak tepat jika dalam waktu satu bulan, apalagi dua hari sebelum penyelenggaraan, panitia baru mengeluh soal sponsorship.

Deddy pun membandingkan dengan kepanitiaan balap MotoGP Mandalika. Dimana sebelumnya BUMN sejak awal terlibat. Bahkan yang memimpin dalam desain bisnis dari event tersebut, adalah dari BUMN Pariwisata, Perbankan hingga Pertamina.

Nah ini kok tiba-tiba di Formula E, minta BUMN jadi sponsor dengan alasan agar BUMN hadir untuk Indonesia, tuturnya.

(SAN)

Topik Menarik