Sektor Pertanian Menjadi Tumpuan, Bupati Sambas : Pemerintah Berkomitmen Menjaga Petani dan Lahan

Sektor Pertanian Menjadi Tumpuan, Bupati Sambas : Pemerintah Berkomitmen Menjaga Petani dan Lahan

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Juni 2022 - 13:29
share

SAMBAS, iNews.id - Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menjadikan sektor pertanian sebagai tumpuan ekonomi. Pemerintah daerah pun berkomitmen untuk menjaga lahan pertanian.

Bupati Sambas Satono mengatakan, berkomitmen melindungi petani dengan menjaga lahan pangan supaya tidak sampai dialihfungsikan.

Dan kegiatan pertanian di daerah ini bisa dijalankan secara berkelanjutan, katanya, Jumat (3/6/2022)

Dijelaskan, masyarakat Kabupaten Sambas sebagian besar adalah petani. Sektor pertanian menjadi tumpuan perputaran roda ekonomi. Pemda Sambas mendukung program Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (RPLP2B).


Demi pertanian yang berkelanjutan di daerah, tandasnya.

Satono mengatakan bahwa RPLP2B di Kabupaten Sambas sudah diatur dalam Perda Nomor 2 Tahun 2021 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Dengan Perda tersebut, komitmen pemerintah daerah secara regulasi sudah jelas. Hal itu tentunya demi perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Kabupaten Sambas punya potensi di sektor pertanian yang luar biasa, namun belum tergali secara maksimal. Pemda Sambas berupaya memunculkan itu agar lebih jelas dan terarah. Dia ingin Kabupaten Sambas sebagai wilayah agraris, punya nilai jual di mata masyarakat.

Luas lahan pertanian di Kabupaten Sambas dari ujung Selakau, sampai ke ujung Subah. Belum lagi setiap desa-desa di Kabupaten Sambas yang punya produk unggulan masing-masing. Sambas sebagai lumbung padi Kalbar, namun belum ada saya lihat di mana berasnya, ujarnya.(*)

Topik Menarik