Masalah Kesehatan, Ratu Elizabeth Absen di Kebaktian Jumat Perayaan 70 Tahun Kenaikan Takhta

Masalah Kesehatan, Ratu Elizabeth Absen di Kebaktian Jumat Perayaan 70 Tahun Kenaikan Takhta

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Juni 2022 - 06:49
share

LONDON, iNews.id - Ratu Elizabeth II bakal absen dalam Kebaktian Jumat hari ini yang diadakan untuk merayakan 70 tahun kenaikan takhta. Istana Buckingham menyatakan Ratu mengalami masalah kesehatan.

Rasa tidak nyaman sudah dirasakan Ratu Elizabeth saat menghadiri peringatan kenaikan takhta pada Kamis kemarin. Penguasa monarki Inggris itu merasa tidak nyaman dalam bergerak saat menghadiri parade militer.

Sang Ratu sangat menikmati Parade Ulang Tahun dan Flypast hari ini, tapi merasakan beberapa ketidaknyamanan, bunyi pernyataan istana, dikutip dari Reuters, Jumat (3/6/2022).

Ratu mengikuti parade militer Inggris dari balkon Istana Buckingham. Dia melambaikan tangan kepada ribuan warga yang juga mengikuti parade itu.

Perempuan 96 tahun itu seharusnya menghadiri kebaktian di Katedral St Paul pada hari kedua perayaan kenaikan takhta ke-70 atau biasa disebut Platinum Jubilee.

Mempertimbangkan perjalanannya (ke St Paul) dan aktivitas yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam Kebaktian Nasional Thanksgiving besok di Katedral St Paul, Yang Mulia dengan sangat berat hati memutuskan tidak bisa hadir, demikian keterangan Istana Buckingham.

Ratu juga sempat muncul ke publik dari kediamannya di Kastil Windsor, di luar London, untuk menyalakan Suar Jubilee Platinum Utama, satu dari ribuan suar yang dinyalakan di seluruh Inggris dan Negara Persemakmuran pada Kamis malam.

Dalam beberapa bulan terakhir Ratu Elizabeth mengalami masalah kesehatan. Istri mendiang Pangeran Philip itu juga sempat terpapar Covid-19.

Pada Kamis kemarin Ratu tampak berjalan menggunakan tongkat. Dia didampingi putranya yang juga pewaris takhta kerajaan Pangeran Charles, cucunya Pangeran William, serta bangsawan senior lainnya di balkon Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth merupakan pemegang takhta kerajaan Inggris terlama dibandingkan pendahulunya. Hasil polling mengungkap, Ratu mempertahankan popularitasnya dan masih dihormati oleh warga Inggris.

Topik Menarik