Loading...
Loading…
Waduh, Interpol Peringatkan Senjata Kiriman Barat ke Ukraina Bisa Dijual di Pasar Gelap

Waduh, Interpol Peringatkan Senjata Kiriman Barat ke Ukraina Bisa Dijual di Pasar Gelap

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Kamis, 02 Juni 2022 - 11:04

PARIS, iNews.id - Interpol khawatir senjata-senjata yang dikirim oleh negara Barat ke Ukraina bisa berakhir di pasar gelap. Senjata-senjata tersebut, ringan maupun berat, bisa jatuh ke tangan penjahat di Eropa.

Sekjen Interpol Jurgen Stock mendesak negara-negara yang memasok peralatan militer ke Ukraina untuk tetap melacak penyalurannya agar sampai ke sasaran.

Ketersediaan senjata yang luas selama konflik saat ini akan menyebabkan proliferasi senjata terlarang di fase pasca-konflik, kata Stock, seperti dilaporkan Anadolu.

Dia mengkhawatirkan pencurian senjata tersebut dan jatuh ke tangan penjahat di pasar gelap Uni Eropa karena harga jual senjata lebih lebih tinggi di sana.

Beberapa negara Eropa, termasuk Prancis dan Jerman, bersama Amerika Serikat, mengirim persenjataan kelas atas, termasuk amunisi artileri, untuk membantu Ukraina melawan pasukan Rusia.

Kekhawatiran soal senjata dari Barat jatuh ke tangan penjahat sudah muncul sejak AS menarik pasukannya dari Afghanistan pada 2021. Banyak senjata dan peralatan militer AS lainnya yang ditinggal setelah 20 tahun perang.

Senjata-senjata berat peninggalan AS itu bisa saja sudah tersedia di pasar gelap.

Original Source

Topik Menarik