Ragam Makanan Khas Thailand yang Bisa Dibuat dengan Mudah di Rumah

Ragam Makanan Khas Thailand yang Bisa Dibuat dengan Mudah di Rumah

Gaya Hidup | katadata.co.id | Kamis, 2 Juni 2022 - 10:39
share

Apabila Anda berkunjung keThailand, mungkin tak akan cukup hanya dengan menikmatikeindahanalamnya, melainkan juga patut menikmatianeka sajian kuliner. Ditambah lagi,makanan khas Thailandmampu memberikan sensasitersendiri dengan cita rasauniksaat Anda menyantapnya.

Oleh karenanya jarang pula,makanan khas Thailand menjadi salah satu magnet yang menarik perhatian para wisatawan internasional, termasuk wisatawan dari Indonesia. Di mana,mayoritas makanan khas Thailand diracikmenggunakan paduan berbagai bumbu rempahyang mudah ditemukan diIndonesia.

Walaupun dibuat dengan berbagai rempah, makanan khas Thailandmemiliki cita rasa unik karena perpaduan rasa dominan, seperti asam, pedas dan manis. Tak jarang,setiap daerah diThailand memiliki beragam makanan khas yang dipengaruhi oleh negara tetangganya.

Berbagai pengaruh tersebut tentunya menciptakan makanan unik yang sayang jika dilewatkan ketika Anda mengunjungi Thailand saat berlibur. Berikut aneka ragam makanan khas Thailand, dikutip dari situs Traveloka.com:

1. Tom Yam

Di antara para pembaca siapa yang tak kenal Tom Yam? Selain berasal dari Thailand, menu ini juga cukup mudah ditemui di Indonesia. Makanan khas Thailand ini populer di kalangan masyarakat internasional dan menjadi favorit orang Indonesia, berkat cita rasanya yang pedas dan asam.

Sajian Tom Yam memiliki beberapa varian, tergantung dari bahan-bahan dasar yang digunakan. Sebut saja Tom Yam Goong, yakni hidangan Tom Yam menggunakan udang, ada juga Tom Yam Pla berisi ikan, atau Tom Yam Taek berisi berbagai macam makanan laut.

Tak berbeda jauh dari menu-menu sebelumnya, masakan khas Thailand satu ini juga cenderung memiliki cita rasa pedas, jadi Anda harus memastikan kembali level kepedasannya sebelum memesan.

2. Pad Thai

Dalam variasi makanan khas Thailand berikutnya adalah Pad Thai. Jeniskuliner Thailandsatuini memiliki karakter rasa yang cocok dengan lidah Indonesia, dan cukup populer. Pad Thaimerupakan makanan legenda khas Thailand yang sudah ada sejak zaman kerajaan Ayutthaya, dan dipercaya sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau dariCina.

Proses penyajian Pad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari tepung beras, kemudian di masak dengan cara di tumis bersama bahan-bahan lainnya. Jika di Indonesia, menu ini mirip dengan kwetiau goreng dengancita rasagurih, asam, pedas dan manis.Makanan khasThailand ini juga sangat mudah dijumpai di negara asalnya, baik itu di restoranmaupundi pinggir jalan.

Selain mie yang mirip dengan kwetiau, sajian kuliner khas Thailand tersebut juga dilengkapi dengantelur, tahu, rasa asam dari jeruk nipis, bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula. Kadang Anda juga bisa memilih untuk menambahkan irisan daging ayam, sapi, atau seafood .

3. Som Tam

Berikutnya, daftar pilihan makanan khas Thailand yang bisa menjadipilihan Anda saat berwisata ke Negeri Gajah Putih adalah Som Tam. Hidangan ini terbuat dari pepaya muda yang dibumbui dengan bawang putih, tomat, cabai, jeruk nipis, dan saus ikan. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut menghasilkan cita rasa pedas, manis, serta gurih yang nikmat.

Sekilas, rasa Som Tam akan mengingatkan Anda akan salah satu hidangan Indonesia, yakni rujak. Makanan khas Thailand satu ini, jugatermasuk dalam daftar 50 makanan paling enak di duniamenurut CNN .

4. Tod Man Pla

Rekomendasi makanan khas Thailand pertama adalah Tod Man Pla. Makanan ini menjadi hidangan khas Thailand yang cocok dengan lidah Indonesia. Hidangan ini dibuat menggunakan ikan atau ayam sebagai bahan utamanya. Belakangan, kebanyakan restoran lebih banyak menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Apabila ingin membuat Tod Man Pla berbahan dasar ikan, para koki biasanya menggunakan jenis ikan yang memiliki daging berwarna putih. Setelah ikan dibersihkan, para koki mencampur bumbu khas Thailand, yaitu bumbu pasta kari merah yang bercita rasa pedas untuk membuat hidangan Tod Man Pla.

5. Khao Pad

Olahan nasi gorengtak hanya populer di Indonesia, melainkan juga di Thailand. Khao Pad merupakan makanan khas Thailand berupa nasi goreng. Adapun bahan-bahan pembuat Khao Pad berasal dari nasi yang dicampurbersama telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta saus kecap.

Setelah matang, Khao Pad disajikan dengan irisan timun, selada, tomat, serta jeruk. Terdapat banyak variasipilihannasi goreng khas Thailand ini, umumnya Khao Pad disajikan dengan tambahan irisan daging ayam, sapi, babi, atau pun seafood .

6. Tom Kha Kai

Makanan khas Thailandurutan keenam adalah Tom Kha Kai. Menu satu ini disajikan dalam bentuk hidangan berkuah dansekilas mirip dengan Tom Yam.Adapun yang membedakanTom Kha Kai dengan Tom Yam adalah jenis kuahnya, di mana menu ini menggunakan kuah santan berwarna putih seperti susu.Adapun untuk rasanya, cenderunglebih pedas dari Tom Yam.

Untuk bahan utama yang digunakandalam membuat Tom Kha Kai adalah suwiran daging ayam. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk menambahkan rasa segar, serta mengurangi rasa pedas pada makanan khas Thailand satu ini.

Topik Menarik