6 Kesalahan saat Jalan Kaki, Bikin Manfaatnya Tak Optimal

6 Kesalahan saat Jalan Kaki, Bikin Manfaatnya Tak Optimal

Gaya Hidup | genpi.co | Kamis, 2 Juni 2022 - 08:21
share

GenPI.co Kepri - Manfaat jalan kaki untuk kesehatan banyak sekali. Tapi ada beberapa kesalahan saat jalan kaki yang sering disepelekan sehingga manfaatnya tak optimal.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering disepelekan saat jalan kaki.

1. Pakai sepatu yang tidak tepat

Tidak semua sepatu cocok untuk jalan kaki. Jika sepatu yang kamu pakai berjalan tidak tepat, malah akan mengakibatkan terkilir dan masalah lutut.

Pilihlah sepatu yang ringan namun tetap memiliki bantalan empuk untuk memberikan kenyamanan saat melangkah. Sol sepatu juga harusnya fleksibel, sehingga kaki tidak menerima tekanan berat saat berjalan.

Pastikan jika sepatu yang kamu pakai memiliki ukuran yang pas di kaki. Jadi, kamu tidak merasa kesempitan atau kelonggaran saat memakainya.

2. Langkah kaki telalu lebar

Kebanyakan orang yang jalan cepat pasti secara refleks akan melangkahkan kakinya lebar-lebar.

Hal ini sebenarnya tidak tepat. Langkah kaki yang terlalu lebar justru dapat membuat gerakan terasa lebih berat dan lambat. Betis dan tulang kering juga cepat terasa nyeri.

Ambillah langkah yang lebih pendek, tapi dengan irama gerakan yang lebih cepat.

3. Kurang minum

Seperti ketika melakukan olahraga lainnya, pastikan kamu memenuhi asupan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah jalan kaki.

Bawa botol minum berjalan kaki agar terhindar dari dehidrasi sekaligus menjaga asupan cairan tubuh secara optimal. Terutama dalam cuaca panas.

Hindari minuman yang mengandung kafein, karena minuman jenis ini justru dapat menyebabkan cepat haus dan kehilangan banyak cairan. Sebaiknya, pilihlah air mineral biasa.

4. Salah pilih baju

Jangan pakai baju terlalu tebal saat jalan kaki. Pakaian yang terlalu tebal akan menghambat proses penguapan tubuh.

Sebaiknya, gunakanlah pakaian yang nyaman, tidak berbahan tebal, dan bisa menyerap keringat. Intinya, pakailah bahan yang bisa membantu memudahkan penguapan keringat yang keluar saat jalan kaki.

5. Kepala menunduk saat berjalan

Tanpa disadari, banyak orang yang berjalan kaki dengan kepala tertunduk karena terlalu fokus mengawasi gerak kaki atau justru terus-terusan melihat layar ponsel.

Padahal, menundukkan kepala saat berjalan dapat membuat area punggung, leher, dan bahu Anda terasa nyeri atau bahkan kaku.

Tak hanya itu, menundukkan kepala saat jalan kaki dapat membuat kamu tidak awas dengan lingkungan sekitar.

Berjalanlah dengan postur tubuh yang baik. Tegakkan badan dan fokuskan mata pada jalanan atau situasi di depan.

6. Tidak menggerakan tangan

Kesalahan berjalan kaki lainnya adalah membiarkan tangan menggantung lemas di kedua sisi tubuh saat berjalan.

Sebaiknya ayunkan tangan ke belakang berlawanan dengan langkah kaki. Jadi, ketika kaki kiri ke depan, maka arahkan lengan kanan ke depan. Begitu pula sebaliknya.

Agar lebih optimal, kepalkan tangan dengan posisi ibu jari di dalam kepalan untuk menegangkan otot lengan atas. Kemudian, ayunkan tangan ke belakang sekuat yang kamu bisa.

Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, mengayunkan tangan ketika berjalan kaki dapat mengimbangi langkah kaki sekaligus mempercepat gerak langkah.(Hellosehat)

Simak video menarik berikut:

Topik Menarik