Nilai UTBK Bisa Dipakai Daftar Jalur Mandiri di 10 PTN Ini

Nilai UTBK Bisa Dipakai Daftar Jalur Mandiri di 10 PTN Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 1 Juni 2022 - 09:24
share

JAKARTA Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bisa dipakai untuk mendaftar ke Jalur Mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN). Dengan memakai nilai UTBK maka calon mahasiswa pun tidak perlu ikut tes tertulis lagi.

Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 sendiri dijadwalkan pada 23 Juni 2022 mendatang. Nantinya peserta UTBK akan mengetahui apakah perjuangan mereka di tes kemarin mampu membawanya masuk ke PTN impian.

Namun, jika nanti kalian tidak lolos SBMPTN 2022 jangan patah semangat. Sebab beberapa PTN memberikan peluang bagi siswa yang tidak lolos pada SBMPTN untuk mendaftar melalui Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK.

Baca: Ini Sederet Jurusan Saintek-Soshum yang Paling Diminati di UGM

Lantas, apakah kampus incaranmu membuka Jalur Mandiri pakai nilai UTBK 2022? Dikutip dari laman Akupintar, berikut ini rangkuman 10 PTN yang membuka Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK.

1. Institut Teknologi Bandung

Membicarakan PTN Jalur Mandiri dengan nilai UTBK, ITB menjadi bagian dari daftar kampus yang wajib dicek. Bahkan, nilai UTBK 2022 menjadi salah satu syarat untuk mengikuti Seleksi Mandiri ITB. Masa pendaftaran Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022 dijadwalkan berlangsung pada tanggal 6 hingga 29 Juni 2022.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Kalau kalian mau daftar kuliah tanpa tes di Unpad, pilih skema pendaftaran dan seleksi Jalur Mandiri pakai nilai UTBK. Konsekuensinya, pilihan prodi di Unpad harus sama dengan kelompok ujianmu di UTBK, apakah Soshum atau Saintek. Jika mau lintas jurusan, kalian bisa mengikuti ujian seleksi Unpad. Pendaftaran keduanya dilakukan serentak, yang akan ditutup tanggal 27 Juni 2022.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Ada dua Jalur Mandiri yang menggunakan nilai UTBK 2022 di UNY: pertama, Seleksi Mandiri jalur UTBK untuk Program Sarjana Terapan/D4 dan, kedua, untuk Program Sarjana. Masa pendaftaran keduanya bersamaan, yaitu tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2022.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Jalur Mandiri dengan nilai UTBK berikutnya adalah UNS. Nilai UTBK kalian bisa dimanfaatkan untuk daftar kuliah tanpa tes di UNS pada Program Diploma dan Sarjana. Untuk Program Diploma, masa pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 24 Mei yang lalu dan akan ditutup 15 Juli 2022.

Pada Program Sarjana, kalian bisa memilih satu dari dua Seleksi Mandiri nilai UTBK: pertama, Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional dan, kedua, Seleksi Mandiri Jalur UTBK. Masa pendaftaran keduanya bersamaan, yaitu mulai tanggal 1 Juni hingga 26 Juni 2022.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB) University

IPB University memang membuka Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022, namun ada sedikit yang berbeda. Nilai UTBK yang dapat digunakan untuk daftar kuliah tanpa tes di IPB hanyalah nilai UTBK Saintek. Ketentuan tersebut berlaku untuk calon mahasiswa Sekolah Vokasi IPB, Program Sarjana, maupun Kelas Internasional.

Adapun masa pendaftarannya, jadwal untuk Sekolah Vokasi sudah dimulai sejak 11 April yang lalu dan akan berakhir tanggal 12 Juli 2022. Sementara untuk Seleksi Mandiri nilai UTBK Program Sarjana dan Kelas Internasional, pendaftaran dijadwalkan sejak 11 April hingga 25 Juni 2022.

6. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta

Tak ketinggalan, UPN Veteran Yogyakarta juga membuka Jalur Mandiri yang menggunakan nilai UTBK 2022. Masa pendaftaran Seleksi Mandiri jalur UTBK untuk Program D3 dan S1 di UPN Veteran Yogyakarta berlangsung dalam kurun waktu yang sama, yakni tanggal 24 Juni sampai 7 Juli 2022.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

PTN Jalur Mandiri dengan nilai UTBK berikutnya adalah ITS. Kalian bisa menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri di ITS pada dua Program, yakni D4 dan S1. Pada Program D4, kamu bisa mengikuti Seleksi Reguler atau Seleksi Mandiri.

Masa pendaftaran keduanya sama-sama dijadwalkan berlangsung mulai 6 Juni sampai 13 Juli 2022. Sedangkan pada Program S1, jadwal pendaftaran berlangsung sejak tanggal 2 hingga 26 Juni 2022.

8. Universitas Airlangga (Unair)

Ada tiga Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022 di Unair. Dua jalur yang pertama adalah untuk Program D3 dan D4. Jadwal pendaftaran keduanya sama, baik untuk Gelombang II maupun III. Pendaftaran Gelombang II dijadwalkan tanggal 4 hingga 26 Juni 2022, sedangkan pendaftaran Gelombang III dijadwalkan tanggal 1 Juli hingga 5 Agustus 2022.

Jalur Mandiri pakai nilai UTBK yang terakhir adalah pada Program Sarjana. Pendaftaran Seleksi Mandiri pakai nilai UTBK 2022 di Unair untuk Program S1 dijadwalkan berlangsung juga pada tanggal 4 hingga 26 Juni 2022.

9. Universitas Negeri Malang (UM)

Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022 di UM dibuka untuk Program D4 dan S1. Jadwal pendaftaran untuk keduanya berlangsung tanggal 3 sampai 25 Juni 2022.

10. Universitas Andalas (Unand)

Ada beberapa jalur Seleksi Mandiri di Unand yang dapat diikuti. Namun jika kamu ingin mengikuti Seleksi Mandiri pakai nilai UTBK 2022, maka pastikan pilihanmu adalah Seleksi Mandiri Akademik dengan menggunakan nilai UTBK.

Masa pendaftaran Seleksi Mandiri nilai UTBK di Unand dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28 Juni hingga 13 Juli 2022. Masa pendaftaran Seleksi Mandiri nilai UTBK ini berbeda dari masa pendaftaran Seleksi Mandiri jalur tes. Jadi, jangan sampai salah pilih tanggal pendaftaran, ya.

(nnz)

Topik Menarik