PM Israel Rilis Dokumen Intelijen Iran Mata-matai Badan Nuklir PBB

PM Israel Rilis Dokumen Intelijen Iran Mata-matai Badan Nuklir PBB

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 1 Juni 2022 - 05:04
share

TEL AVIV Perdana Menteri (PM) Israel , Naftali Bennett, merilis dokumen yang diklaimnya dicuri dari Iran . Dokumen itu menunjukkan dugaan bahwa intelijen Iran memata-matai badan atom PBB, IAEA .

Itu dilakukan Bennet setelah Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, menyebut Zionis Israel menyebarkan banyak kebohongan saat ditanya mengenai tuduhanTeheran memata-matai IAEA pada pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos pekan lalu.

"Menyebarkan kebohongan? Ayo. Saya memegang bukti kebohongan Anda di sini di tangan saya," ujar Bennett sambil mengangkat fotokopi dokumen dalam sebuah video di akun Twitternya merespons pernyataan Menteri Luar Negeri Iran.

"Anda lihat, setelah Iran mencuri dokumen rahasia dari Badan Atom PBB, Iran menggunakan informasi itu untuk mencari tahu apa yang Badan Atom harapkan untuk ditemukan, dan kemudian membuat cerita sampul dan menyembunyikan bukti untuk menghindari penyelidikan nuklir mereka," klaimnya.

"Jadi bagaimana kita tahu ini? Karena kita mengetahui rencana penipuan Iran beberapa tahun yang lalu. Dan itu ada di tangan saya," ujarnya, merujuk pada operasi oleh agen-agen Israel pada tahun 2018, yang memperlihatkan mereka mencapai dan mencuri ratusan ribu dokumen Iran yang merinci program nuklir negara itu.

"Ini dia, dalam bahasa Persia, ratusan halaman yang ditandai dengan stempel Kementerian Intelijen Iran," kata Bennett dalam video tersebut seperti dikutip dari Middle East Monitor , Rabu (1/6/2022).

Dia kemudian memposting tautan Google drive yang berisi dokumen, yang terdiri dari dokumen IAEA yang diduga dicuri oleh Iran, dokumen pendaftaran perusahaan palsu, dan dokumen rahasia intelijen Iran mengenai Badan Atom.

Meskipun sebagian besar dokumen memuat stempel, lencana, dan tanda tangan resmi serta catatan tulisan tangan seperti yang ditulis oleh Menteri Pertahanan Iran kepada ilmuwan nuklir top yang tewas dibunuh, Mohsen Fakhrizadeh namun dokumen itu tidak dapat diverifikasi secara independen untuk membuktikan keasliannya.

Video Bennett dan paparan nyata muncul seminggu setelah Wall Street Journal menerbitkan laporan tentang mata-mata Iran di IAEA, berdasarkan dokumen yang dicuri oleh Tel Aviv.

Laporan Wall Street Journal (WSJ) menyatakan mereka menerima akses ke dokumen-dokumen itu dari badan intelijen negara Timur Tengah yang menentang program nuklir Iran, yang sekarang dikonfirmasi - dan tidak mengejutkan - sebagai Israel.

Menurut laporan WSJ, dokumen IAEA diakses oleh pejabat Iran dan diedarkan di antara pejabat tinggi yang terlibat dalam program nuklir negara itu antara tahun 2004 dan 2006.

Berbekal informasi rahasia itu, mereka kemudian dilaporkan dapat menyiapkan cerita sampul, mengarang informasi, dan mendapatkan wawasan tentang apa yang disadari dan tidak disadari oleh inspektur IAEA.

Baru-baru ini, IAEA menerbitkan laporannya sendiri di mana badan itu mengungkapkan dugaan bahan nuklir yang ditemukan di tiga lokasi di Iran. Laporan itu menyatakan bahwa persediaan uranium yang diperkaya Teheran sekarang 18 kali lipat dari batas yang ditetapkan dalam kesepakatan nuklir 2015.

Menyusul laporan badan tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, mengatakan: "Sayangnya, laporan ini tidak mencerminkan realitas negosiasi antara Iran dan IAEA."

"Ini bukan laporan yang adil dan seimbang. Kami berharap jalan ini diperbaiki," ia bersikeras.

Khatibzadeh lebih lanjut menduga bahwa IAEA dapat berada di bawah pengaruh Tel Aviv.

"Dikhawatirkan bahwa tekanan yang diberikan oleh rezim Zionis dan beberapa aktor lain telah menyebabkan jalur normal laporan Badan berubah dari teknis ke politik," ujarnya.

Di tengah pembicaraan dan negosiasi yang sedang berlangsung antara Iran dan penandatangan perjanjian nuklir 2015 atau Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) ada peningkatan kekhawatiran seputar kapasitas baru Teheran untuk membuat senjata nuklir, dengan pejabat Amerika dan Israel sekarang menilai bahwa Teheran hanya membutuhkan beberapa minggu untuk mengumpulkan bahan fisil dalam jumlah yang cukup untuk sebuah bom nuklir.

Terlepas dari kenyataan bahwa Iran masih membutuhkan waktu tambahan untuk merakit komponen lain yang diperlukan untuk senjata semacam itu, jendela waktu itu secara signifikan lebih sempit daripada proyeksi sebelumnya.

Bagaimanapun, Iran secara konsisten bersikeras bahwa mereka hanya berusaha untuk mencapai kemampuan nuklir untuk penggunaan energi daripada alasan militer.

(ian)

Topik Menarik