Tips Mengurangi Asupan Gula, Garam dan Lemak

Tips Mengurangi Asupan Gula, Garam dan Lemak

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 31 Mei 2022 - 17:40
share

TERLALU banyak asupan gula, garam, dan lemak berlebih bisa menyebabkan penyakit tidak menular mulai dari penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, hingga hipertensi.

Pakar Gizi sekaligus Dosen Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Dr Annis Catur Adi, Ir., M.Si mengatakan, orang Indonesia terbiasa menyantap makanan olahan yang digoreng dan instan.

"Cita rasanya cenderung manis, asin dan pedas, tanpa disadari kebiasaan itu melampaui batas harian asupan gula, garam dan lemak," kata Annis.

cita rasa asin manis pedas

Batas asupan gula per hari menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan adalah 10 persen dari total energi (220 kkal) atau setara dengan empat sendok makan per hari yakni 50 gram per orang per hari.

"Kiat mengurangi gula bisa dilakukan dengan menggantinya dengan rempah misal jahe, kayu manis atau pala. Selalu baca label informasi gizi produk yang dibeli, dan untuk camilan bisa pilih buah alih-alih cokelat."

Sementara itu, rekomendasi Kementerian Kesehatan terkait asupan lemak adalah sebesar 67 gram atau lima sendok makan minyak.

"Asupan lemak bisa dikurangi dengan mengganti menu yang digoreng dengan tidak digoreng, misal dibakar atau panggang. Pilih daging yang tidak berlemak, hindari konsumsi kulit ayam. Hindari penggunaan santan kelapa, mentega dan margarin," tambahnya.

Topik Menarik