Kementan Pastikan Bulan Depan Vaksin Impor PMK Tersedia, Tata Cara Vaksin Mirip Covid-19

Kementan Pastikan Bulan Depan Vaksin Impor PMK Tersedia, Tata Cara Vaksin Mirip Covid-19

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 22:17
share

MALANG, celebrities.id - Sebagai upaya pencegahan penyebaran PMK, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) telah mengeluarkan 10 kebijakan.

Dari sejumlah kebijakan itu, percepatan vaksinasi massal menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat, melalui Kementan Republik Indonesia.

"Menghentikan sirkulasi dan produksi virus di lingkungan dengan dua cara dekontaminasi dan disposal. Kemudian meningkatkan kekebalan hewan ternak dengan vaksinasi. Rencananya Minggu kedua bulan Juni vaksin akan datang, masih impor. Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) belum siap memproduksi vaksin dalam waktu cepat," ucap Nuryani Zainuddin, Direktur Kesehatan Hewan Ternak Direktorat Jenderal PKH Kementerian Pertanian (Kementan), saat memberikan paparan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanggulangan PMK di Jawa Timur, pada Senin (30/5/2022) di Kota Malang.

Namun nantinya sekitar Agustus 2022 Indonesia ditargetkan sudah mampu memproduksi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sendiri.

"Rencananya ada tiga juta dosis vaksin masuk dalam rangka emergency vaksin, nanti dilakukan dua kali vaksin dasar, minimal 80 persen dari populasinya tervaksin. Kemudian stremnya vaksin sama dengan serotipenya," ujarnya.

Setelah itu dikatakan Nuryani, hewan yang telah divaksin selama 28 hari tidak boleh dilalulintaskan dan diberi penanda sama layaknya vaksinasi Covid-19 pada manusia.

"Vaksin akan berlangsung seperti vaksin covid-19, jadi ada vaksin pertama, kedua, dan booster makanya perlu diberi penanda. Agustus akan melakukan penyediaan vaksin dengan menggunakan master yang berkembang di Indonesia," katanya.

Topik Menarik