Ajaib, Ini 7 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Ajaib, Ini 7 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | bisnis.com | Senin, 30 Mei 2022 - 19:53
share

Bisnis.com, JAKARTAMengonsumsi terlalu banyak makanan pedas bisa membuat gangguan pencernaan. Namun, bila Anda mengonsumsi makanan pedas secara terukur, maka tubuh akan sehat.

Simak 7 manfaat mengonsumsi makanan pedas, dilansir dari Health Essentials:

1. Menurunkan Berat Badan

Makanan pedas juga bisa membakar kalori. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak makanan pedas cenderung tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Meningkatkan metabolisme Anda

Sebagian besar penelitian tentang makanan pedas berfokus pada capsaicin, senyawa yang membuat cabai pedas. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa capsaicin meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan membakar lebih banyak energi dan sebagai manajemen berat badan.

3. Kendalikan nafsu makanmu

Chili dan rempah-rempah lainnya juga memengaruhi rasa lapar Anda. Ada beberapa penelitian bahwa capsaicin bekerja pada hipotalamus, bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Jadi Anda bisa merasa lebih cepat kenyang jika Anda menambahkan rasa pedas ke makanan Anda.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan pedas bisa membantu tubuh memecah lemak dalam makanan, sekaligus menjadi rempah-rempah yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

5. Tingkatkan mikrobioma

Makanan yang berapi-api terdengar seperti ide yang buruk untuk seseorang dengan perut sensitif. Namun, ada bukti bahwa capsaicin sebenarnya baik untuk mikrobioma di usus Anda.

Mikrobioma adalah komunitas bakteri dan mikroba lain yang penting untuk fungsi kekebalan dan aspek kesehatan lainnya. Capsaicin dapat merangsang flora usus yang sehat dan memiliki efek positif pada saluran pencernaan.

6. Mengurangi peradangan

Makanan pedas dan panas bisa mengurangi peradangan. Ada bukti bahwa capsaicin dapat membantu memerangi peradangan tingkat rendah di usus, sejenis peradangan yang dikaitkan dengan obesitas. Kekuatan melawan peradangan capsaicin melampaui perut juga.

7. Membumbui diet sehat

Cabai rawit utuh dan bubuk cabai kering adalah makanan pokok dapur yang enak. Namun, banyak saus pedas dan bumbu kemasan yang tinggi garam atau bahan lain yang hanya boleh Anda konsumsi dalam jumlah sedang.

Garam berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, jadi bacalah label nutrisi. Jika Anda tidak terbiasa dengan makanan pedas, mulailah dengan perlahan.

Topik Menarik