Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Dorong Dunia Industri Ikut Dampingi SMK

Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Dorong Dunia Industri Ikut Dampingi SMK

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 14:56
share

KULONPROGO, iNews.id - Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek mendorong kalangan dunia industri untuk bersinergi dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna mewujudkan program link and match untuk meningkatkan kualitas. Beragam hasil kreasi siswa SMK layak masuk ke pasar.

Kami berupaya mendorong dunia industri untuk mendampingi SMK guna mewujudkan program link and match untuk meningkatkan mutu atau kualitas SMK, Direktur SMK Kemendikbudristek Wardhani Sugiyanto, saat membuka pameran hasil karya siswa SMK Yayasan Pendidikan Kejuruan dan Keterampilan (YPKK) DIY di kampus SMK YPKK 1 Kulonprogo, Minggu (29/05/2022).

Menurutnya, guru memiliki peran penting dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan konsep sederhana, mendalam, merdeka, relevan dan interaktif. Pihaknya mengapresiasi kreatifitas siswa SMK YPKK dalam menghasilkan produk inovatif berbasis kearifan lokal.

Dengan menerapkan project based learning adalah pembelajaran era sekarang, kata dia.

Kepala SMK YPKK Tepus yang juga Plt Kepala SMK YPKK 1 Kulonprogo Sukiter mengatakan, di DIY ada 5 SMK YPKK yang tersebar di Sleman, Kulonprogo dan Gunungkidul.

Kami berharap ada perhatian dari pemerintah untuk kesinambungan peningkatkan kualitas SMK, katanya.

Dalam pameran ditampilkan beberapa produk karya siswa meliputi beragam pakaian, aksesoris, dan kain Shibori Batik karya siswa SMK YPKK Tepus. Selain itu juga ada produk kesehatan, software, web design, dan batik jumputan karya siswa SMK YPKK 1 Sleman.

Kami akan terus menjalin silaturahmi untuk meningkatkan semangat kekeluargaan guna membangun generasi tangguh, mandiri, dan prestasi, kata dia.

Topik Menarik