Loading...
Loading…
DPR Rapat Bersama Menag Cek Kesiapan Haji 2022

DPR Rapat Bersama Menag Cek Kesiapan Haji 2022

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Senin, 30 Mei 2022 - 12:16

JAKARTA, iNews.id - Komisi VIII DPR dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (30/5/2022) menggelar rapat membahas kesiapan penyelenggaraan ibadah haji 2022.

Menurut Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto sesuai rencana perjalanan haji (RPH), pemberangkatan awal gelombang pertama akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2022. Adapun rutenya dari Tanah Air menuju Madinah.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, Komisi VIII ingin mendengarkan penjelasan dari yang terhormat Menteri Agama mengenai persiapan-persiapan yang telah dilakukan, baik dari segi aspek pembinaan, pelayanan, maupun aspek perlindungan jemaahhaji, ucap Yandri saat membuka rapat yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Adapun, sejumlah hal yang akan digali Komisi VIII DPR, seperti di antaranya persiapan di dalam negeri yang menyangkut proses kegiatan manasik bagi para calon jemaah haji, pengelompokan kloter, rekrutmen dan bimbingan petugas haji, persiapan penerbangan haji, pengurusan visa, hingga penyiapan asrama haji.

Maupun persiapan di Saudi Arabia seperti persiapan akomodasi, konsumsi, transportasi dan berbagai aspek persiapan lainnya, ujar dia.

Menurut Yandri, hal ini sangat penting dicermati, mengingat penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sangat berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, baik dari segi jumlah jemaah, kondisi di Arab Saudi, dan kebijakan lainnya.

Politikus PAN itu melihat, tugas penyelenggaraan ibadah tahun ini cukup berat dan menentukan keputusan di tahun mendatang. Apalagi, setelah 2 tahun berturut-turut Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji.

Maka tahun ini merupakan tahun krusial, serta menjadi tonggak keberhasilan kita untuk menyakinkan pada negara-negara lain, terutama kepada pemerintah Arab Saudi bahwa Indonesia mampu dan berhasil dalam membina, melayani, dan melindungi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, kata Yandri.

Original Source

Topik Menarik