Loading...
Loading…
Kemenkes Rilis Edaran Antisipasi Cacar Monyet, 6 Gejala Ini Wajib Diwaspadai!

Kemenkes Rilis Edaran Antisipasi Cacar Monyet, 6 Gejala Ini Wajib Diwaspadai!

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Indozone | Senin, 30 Mei 2022 - 11:51

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis panduan antisipasi terkait infeksi virus cacar monyet . Dalam surat edaran yang diterbitkan Kemenkes , terdapat beberapa gejala gejala yang wajib diwaspadai.

Cacar monyet adalah penyakit virus zoonosis (virus ditularkan dari hewan ke manusia) yang dapat sembuh sendiri. Penyakit itu disebabkan oleh virus monkeypox (anggota genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae) yang umumnya terjadi di Afrika Tengah dan Afrika Barat, kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu yang dikutip dari laman resmi Kemenkes, Senin (30/5/2022).

Lebih lanjut, dalam surat edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor HK.02.02/C/2752/2022 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyakit monkeypox di Negara non Endemis, Maxi meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit cacar monyet yang ditularkan dari hewan ke manusia (zoonosis).

Dia mengungkap penyakit ini dapat bersifat ringan dengan gejala yang berlangsung selama 2-4 minggu, namun bisa berkembang menjadi berat, bahkan berujung kematian.

Penularan kepada manusia terjadi melalui kontak langsung dengan orang ataupun hewan yang terinfeksi, atau melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut, sambungnya.

Adapun sedikitnya ada enam gejala cacar monyet yang wajib diwaspadai, yaitu sebagai berikut:

  1. Sakit kepala
  2. Demam akut di atas 38,5 derajat celcius
  3. Pembesaran kelenjar getah bening (Limfadenopati)
  4. Nyeri otot (Myalgia)
  5. Sakit punggung
  6. Penurunan kekuatan otot (Asthenia)

Berdasarkan definisi Operasional Monkeyprox yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seseorang di negara non endemis yang mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala di atas yang disertai dengan ruam akut yang tidak bisa dijelaskan, dikategorikan sebagai suspek cacar monyet.

Adapun seseorang dapat dikategorikan sebagai probable jika memiliki satu atau lebih dari sejumlah kriteria sebagai berikut:

Artikel Menarik Lainnya

Original Source

Topik Menarik