Loading...
Loading…
MRT Targetkan Bangun 20 Kawasan Berorientasi Transit Terintegrasi Stasiun

MRT Targetkan Bangun 20 Kawasan Berorientasi Transit Terintegrasi Stasiun

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Senin, 30 Mei 2022 - 10:16

JAKARTA, iNews.id - PT MRT Jakarta menargetkan membangun 20 kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) yang terintegrasi dengan stasiun MRT pada 2030.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, kawasan TOD yang saat ini dikembangkan, yakni Poros Monumental Jakarta di wilayah Bundara HI, Kolaborasi Gerak di Dukuh Atas, Gerbang Suar Jakarta di Lebak Bulus, Kolase Aktivitas di Pusat Jakarta di kawasan Istora Senayan, Ruang Atas Dinamis di Fatmawati, dan Green Creative Hub di Blok M.

Rencana kami (MRT) pada 2030 ada 20 kawasan berorientasi transit. Jadi Jakarta ini berkembang dari kota yang centralized menjadi decentralized, kata dia dalam keterangannya, Senin (30/5/2022).

William berharap untuk menyediakan kawasan berorientasi transit pada area dalam dan luar stasiun MRT atau berjarak sekitar radius 700 meter dari simpul transit MRT sampai dengan daerah luarnya.

Kawasan tersebut diharapkan bisa lebih memfasilitasi pejalan kaki dan pengguna kendaraan non-emisi. Pembangunan kawasan, yang nantinya juga meliputi hunian, tidak hanya dinikmati oleh kelas pendapatan menengah ke atas, ujarnya.

William pun menargetkan pembangunan hunian yang bisa dijangkau oleh kelompok masyarakat yang berpendapatan sekitar Rp7 juta per bulan. Dia menyebut hunian di sekitar stasiun MRT saat ini berharga mahal.

Satu hal dikhawatirkan Pak Gubernur DKI jangan sampai saat bangun kawasan TOD harga tanah meningkat kemudian terjadi gentrifikasi, ucapnya.

Sebagai catatan, kehadiran konsep TOD yang memiliki sejumlah fasilitas penunjang mobilitas penumpang serta memiliki sistem transportasi pengumpan dari area tersebut. Dengan begitu diharapkan akan meningkatkan jumlah pengguna atau calon penumpang transportasi berbasis rel kereta ini, sehingga masyarakat dapat mulai meninggalkan penggunaan kendaraan pribadi dalam mobilitas sehari-harinya.

Original Source

Topik Menarik