Bakamla Evakuasi 20 Kontainer dari Kecelakaan Kapal Tongkang di Selat Malaka

Bakamla Evakuasi 20 Kontainer dari Kecelakaan Kapal Tongkang di Selat Malaka

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 08:55
share

JAKARTA Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut Tanjung Balai Karimun bersama Rapala Bakamla RI berhasil mengevakuasi 20 kontainer dari kecelakaan kapal TB Mega Daya 43 yang menarik Tongkang Marcopolo 188 di Perairan Selat Malaka.

Sehingga barang muatan berupa kontainer, jatuh ke laut, ujar Slamet dalam keterangannya, Senin (30/5/2022).

Slamet menjelaskan pada Kamis (26/5) Tugboat Mega Daya 43 yang menggandeng Marcopolo 88 sedang melakukan pelayaran dari IKKP Perawang dengan tujuan Singapura. Kemudian pukul 00.30 WIB posisi kapal 10 mil arah nipah Nakhoda TB Mega Daya 43 menginstruksikan crew untuk melakukan pemendekan tali towing.

Pada pukul 00.45 WIB tali berhasil diperpendek sampai ke second towing, saat itu tongkang sudah terlihat miring ke kiri dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat selanjutnya nakhoda memberi arahan untuk memanjangkan towing kembali, kata Slamet.

Kondisi tongkang semakin miring dengan sudut perkiraan 60 derajat. Selanjutnya nakhoda menginstruksikan kepada crew agar segera melepas tali towing. Kemudian TB Mega Daya 43 mengapung di sekitar tongkang untuk menunggu bantuan, tutup Slamet.

(kri)

Topik Menarik