Loading...
Loading…
Humor Gus Dur: Cari Saja Moyang Saya 500 Tahun yang Lalu

Humor Gus Dur: Cari Saja Moyang Saya 500 Tahun yang Lalu

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Senin, 30 Mei 2022 - 05:15

SALAH satu humor Gus Dur yang cukup unik yaitu saat ia berkunjung ke luar negeri. Pasalnya, mayoritas penduduk di negeri tersebut keturunan Tionghoa.

Negeri pertama yang dikunjungi Gus Dur sebagai Presiden Republik Indonesia kala itu adalah Singapura. Sebagai presiden baru yang dikenal dengan sikapnya yang pluralis, sambutan pun meluap. Seluruh ballroom Hotel Shangri-la Singapore penuh sesak oleh tamu undangan, tidak ada satu kursi pun tersisa.

Selain para pejabat, mayoritas tamu undangan terdiri dari para pengusaha dan wakil negara-negara lain yang memiliki kedutaan besar di negeri negeri tersebut.

Gus Dur membuka salam dengan mengucapkan, "Ni hou." Langsung saja ruang itu dipenuhi respons gelegar tepuk tangan, seperti dikutip dari buku \'Tertawa Bersama Gus Presiden Dur\' karya Hermawan Sulistyo, Minggu (29/5/2022).

Setelah itu, Gus Dur berpidato dalam bahasa Inggris. Ia mengatakan tidak bisa berbahasa China, tetapi memiliki hubungan dengan China.

Putrinya, Yenny Wahid, adalah sinolog (ahli China) lulusan Universitas Indonesia (UI). Gus Dur melanjutkan bahwa salah seorang nenek moyangnya adalah migran China bermarga Tan yang datang ke Indonesia sekira 500 tahun lalu.

Sontak semua orang yang ada di dalam ballroom itu pun kembali memberikan oleh tepuk tangan untuk Gus Dur.

Pernyataan Gus Dur tersebut menimbulkan heboh, terutama di kalangan keluarganya, karena tidak ada catatan silsilah bahwa salah seorang nenek moyang mereka berasal dari China.

Original Source

Topik Menarik