Pengemis yang Pura-pura Berkaki Buntung Akhirnya Dipulangkan

Pengemis yang Pura-pura Berkaki Buntung Akhirnya Dipulangkan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 02:23
share

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi memulangkan seorang pengemis yang pura-pura buntung kakinya ke kampung halamannya di Kabupaten Bandung, Jawa Barat .

Pengemis itu biasa beraksi di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat, kata Dedi di Purwakarta, seperti dilansir ANTARA, Minggu (29/5/2022).

Aksi pengemis dengan modus kaki buntung bernama Rasyidin (35) terbongkar saat Dedi akan menuju Jakarta dari rumahnya di Lembur Pakuan, Subang. Di perjalanan ia melihat Rasyidin sedang mengemis dengan cara merangkak menyusuri jalan.

Saat dihampiri Rasyidin mengaku akan pulang ke rumah kontrakannya, di Pasar Lama Pagaden, Subang. Ia mengaku kakinya buntung karena mengalami kecelakaan.

Ayo saya anterin naik mobil saya, kata Dedi seraya mengajak Rasyidin, tapi ditolak oleh Rasyidin yang mengaku ingin pulang menggunakan angkutan umum.

Kecurigaan pun mulai muncul saat Kang Dedi memperhatikan ternyata Rasyidin masih muda, berbadan sehat dan bertato. Singkat cerita Rasyidin pun akhirnya diantar pulang dengan ojek yang dibayarkan oleh Dedi.

Lagi-lagi kecurigaan muncul saat Rasyidin dengan cekatan loncat dari bawah ke jok sepeda motor. Hingga akhirnya Dedi memilih untuk mengikuti ojek tersebut. Dari dalam mobil Dedi semakin yakin jika Rasyidin hanya pura-pura, hingga akhirnya ojek kembali disetop.

Akang teu (tidak) buntung ya? Ternyata dilipat kakinya ditutup celana panjang. Udah jujur buka saja, kata Dedi sambil membuka ikatan celana panjang yang dikenakan Rasyidin.

Benar saja, Rasyidin memiliki kaki normal dan dilipat di dalam celana agar terlihat buntung, sehingga bisa menarik simpati warga untuk memberikan uang.

Hal tersebut menarik perhatian warga sekitar dan langsung mengerubuti Dedi. Bahkan, di antara warga banyak yang mengaku tertipu karena sebelumnya sering memberi uang kepada Rasyidin.

Ternyata dalam sehari, pengemis yang pura-pura buntung itu bisa mendapatkan uang sekitar Rp500 ribu per hari.

Ini uang Rp500 ribu untuk disetorin ke istri sama anak di Soreang, kata Rasyidin.

Karena aksi tipu-tipunya sudah ketahuan, Rasyidin pun akhirnya pasrah ikut masuk ke mobil Dedi.

Di dalam mobil, ia bercerita sejak awal ia tak mau ikut karena mengenal Dedi Mulyadi.

Rasyidin mengaku sudah setahun terakhir mengemis dengan kondisi pura-pura kaki buntung.

Sehari dapat Rp500 ribu, paling sedikit Rp300 ribu. Nanti uangnya setiap hari dikirim ke istri dan anak. Istri nggak tahu saya begini, tahunya mengamen, katanya pula.

Sementara di perjalanan, Dedi mengajak Rasyidin ke sebuah minimarket untuk berbelanja kebutuhan pokok termasuk stok susu untuk anak. Rasyidin juga dibelikan pakaian dan celana baru untuk mengganti seragam mengemisnya yang sudah lusuh.

Dedi Mulyadi selanjutnya mengutus salah seorang staf untuk mengantar Rasyidin ke kampung halamannya, sehingga nanti pergerakan Rasyidin bisa terpantau dan tidak kembali sebagai pengemis buntung.

Topik Menarik